ILUSTRASI Kebakaran Hutan. (sumber:internet)

medanToday.com,MEDAN – Kawasan hutan di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara mengalami kebakaran dengan luas mencapai 20 hektare lebih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toba Samosir Herbet Pasaribu yang dihubungi Antara di Medan, Kamis, kebakaran itu melanda kawasan hutan yang ada di Kecamatan Tampahan.

Kebakaran tersebut sudah berlangsung sejak Rabu (25/7), sekitar pukul 11.00 WIB sesuai informasi yang diterima BPBD Kabupaten Toba Samosir.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti luas hutan yang terbakar. “Perkiraan sementara, 20 ha, tapi mungkin lebih,” katanya.

Setelah menerima informasi tersebut, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk memadamkan hutan yang terbakar, sambil berkoordinasi dengan instansi lain.

Sejak Rabu malam, BPBD Kabupaten Toba Samosir terus melakukan pemadaman dibantu pemangku kepentingan lain, termasuk unsur TNI dan Polri yang ada di daerah itu.

Meski bekerja dengan “full team”, namun pihaknya menilai luas hutan yang terbakar masih banyak, bahkan terkesan makin melebar.

Pihaknya juga mengetahui mengenai penyebab kebakaran hutan yang terjadi di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir tersebut.

“(Penyebab) itu bagian polisi, kita fokus pemadaman saja dulu,” ujar Herbet Pasaribu.

Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah 1 Medan mengatakan, pihaknya memang memantau adanya titik api (hotspot) di Kabupaten Toba Samosir.(mtd/min)

=====================

Komentar Anda