Dampak Bendera Terbalik, Ratusan Massa FKPPI Gruduk Konjen Malaysia di Medan

0
47

medanToday.com,MEDAN – Bentuk protes atas peristiwa Bendera Merah Putih terbalik di dalam buku souvenir pembukaan Sea Games 2017 di Malaysia, massa dari Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) menyeruduk dan gelar aksi demo di depan Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan, Selasa 22 Agustus 2017.

Aksi protes di Konjen Malaysia itu diikuti sekitar seratusan massa dari FKPPI. Mereka datang dengan membawa spanduk bertuliskan kecaman terhadap negara tetangga tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga datang dengan membawa Bendera Merah Putih dan memutar lagu-lagu nasional Indonesia, termasuk lagu kemerdekaan.

“Hari ini, kami turun untuk membela Indonesia. Indonesia telah diinjak harga dirinya. Telah terjadi sesuatu yang merupakan penghinaan terhadap Indonesia,” kata Lorenza salah seorang orator aksi, Selasa 22 Agustus 2017.

Mereka pun berteriak ‘ganyang Malaysia’ dan ‘merdeka’ menyauti kalimat demi kalimat yang dilontarkan orator. Tak sampai disitu saja, ratusan massa ini pun membakar ban dan memasang bendera merah putih di pagar gedung Konjen Malaysia.

Aksi ini juga diwarnai pembakaran bendera Malaysia oleh massa.

“Bendera kami merah putih, bukan putih merah. Camkan itu,” teriak Lorenza.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator aksi, Wing Zore Ketaren mengatakan, pihaknya menuntut agar pemerintah Malaysia meminta maaf atas insiden tersebut.

Permintaan maaf tersebut, lanjutnya, harus disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya Pemerintah Indonesia.

“Kami menuntut segera, pemerintah dan perdana menteri Malaysia meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia secara resmi,” kata Ketua FKPPI Medan itu.

FKPPI juga meminta pemerintah Malaysia melalui Konjen Malaysia di Medan juga meminta maaf melalui media lokal. “Menuntut pemerintah Malaysia agar yang mencetak buku juga diproses hukum,” ujar Wing.

Setelah berorasi, beberapa perwakilan FKPPI kemudian diterima oleh Konjen Malaysia. Tujuh anggota FKPPI yang menjadi perwakilan menyampaikan protes mereka kepada Salmiah, Konsul Muda Konsulor dan Imigrasi Konjen Malaysia.

Kepada massa aksi, Salmiah mengaku, akan menyampaikan protes tersebut kepada pemerintah Malaysia. (mtd/bwo)

==================

Komentar Anda