ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com – Diabetes menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Penyakit yang lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia dengan nama kencing manis ini, membutuhkan kesadaran dari masyarakat akan kesehatan, dan gaya hidup untuk bisa sembuh atau terhindar.

Tidak hanya menjangkit para pria, wanita pun bisa terkena diabetes dan dampaknya sangat berbahaya. Pasalnya, wanita yang memiliki diabetes berpotensi menularkan penyakit kencing manis tersebut pada anaknya, yang berarti akan menambah rangkaian rantai pengidap diabetes di Indonesia.

Tingginya angka pengidap diabetes di Indonesia ternyata tidak jauh dari masalah kebiasaan yang kurang baik. Hal tersebut dikatakan oleh Sebnem Avatar Tuna, Corporate Vice President of Oceania and Southeast Asia, Novo Nordisk.

“Berdasarkan Blueprint for Change di 2013 kami menemukan empat isu utama diabetes yang terjadi di Indonesia, pertama, rendahnya kesadaran masyarakat terkait dengan penyakit diabetes secara menyeluruh,” ucapnya.

Lebih lanjut, poin selanjutnya yang dikatakan Sebnem, antara lain, ketidakseimbangan pasokan maupun permintaan akan layanan kesehatan akibat populasi pasien yang menyebar, dan dihadapkan dengan spesialis penyakit diabetes yang sangat terbatas. Ketiga, kurangnya sumber daya dalam sistem kesehatan masyarakat di Indonesia.

Poin keempat, yaitu masih rendahnya jumlah masyarakat yang menerima pengobatan dan insulin yang tepat sehingga mengakibatkan minimnya kualitas pengobatan diabetes.

Dalam peringatan Hari Diabetes Sedunia yang digelar beberapa hari lalu di Jakarta, pihak-pihak terkait seperti pemerintah dan pihak swasta menggelar sebuah simposium bertajuk Woman and Diabetes, Our Right to a Healthy Future. Tema tersebut dipilih bukan tanpa alasan, melainkan ada fakta yang cukup memperihatinkan terhadap masalah kesehatan wanita.

Ada lebih dari 199 juta wanita hidup dengan diabetes di dunia dan diproyeksikan akan meningkat jadi 313 juta pada 2040 mendatang. Di sisi lain, ternyata diabetes juga menjadi penyebab utama kematian urutan ke sembilan pada wanita di dunia.

Hal yang memperihatinkan lagi, angka kematian yang menimpa wanita karena diabetes mencapai 2,1 juta kematian tiap tahunnya. Yang berarti ada 1 diantara 7 kelahiran dipengaruhi oleh Diabetes Gestasional.(mtd/min)

=====================================

Komentar Anda