Dua Ekor Harimau Benggala Lahir di Medan Zoo

Foto ilustrasi.Merdeka.com

medanToday.com, MEDAN – Koleksi Taman Marga Satwa Medan atau Medan Zoo terus bertambah. Dua ekor harimau benggala (Phantera tigris tigris) kembali lahir di sana.

Berdasarkan informasi dihimpun, kedua bayi harimau benggala itu lahir pada Kamis (12/7) subuh. “Keduanya lahir sekitar pukul 05.00 Wib,” kata drh Sucitrawan yang merawat induk harimau, Jumat (13/7).

Kedua bayi harimau itu lahir dari perkawinan induk bernama Wesa (12) dan harimau jantan Avatar (11). Dari perkawinan pasangan harimau ini sudah 3 kali lahir harimau benggala.

Sebelumnya, pada 22 Juni 2017, Wesa juga melahirkan dua ekor anak harimau, seekor berbulu putih, seekor lainnya berbulu kuning. Pada November 2015, Wesa melahirkan 4 ekor harimau benggala. Semuanya berkelamin jantan.

Seperti yang lahir tahun lalu, seekor bayi harimau yang lahir kali ini berbulu putih, seekor lagi berbulu kuning. Keduanya dalam keadaan sehat dan terus dipantau tim kesehatan Medan Zoo.

“Kita belum bisa mengidentifikasi jenis kelamin kedua bayi harimau ini. Kalau kita dekati, kita khawatir tidak mau menyusui pula induknya. Kita pantau dari luar kandang saja,” kata Sucitrawan.

Dia mengungkapkan, Wesa dibiarkan untuk mengurusi kedua bayinya. Sang induk hanya diberikan vitamin agar produksi dan kualitas ASI-nya lebih baik. “Setiap hari kita beri 5 sampai 6 ekor ayam hidup. Kita campur juga dengan daging sapi untuk pasokan makanan sehari-harinya,” tutur Sucitrawan.

Pihak Medan Zoo belum memperkenankan awak media mengabadikan bayi harimau itu. “Kita takut induknya tidak mau nyusui bayinya itu. Sabar ya, teman-teman media,” sebutnya. (mtd/min)

 

 

=================================

Komentar Anda