Medantoday.com, MEDAN – Ketua Dewan Pembina DPP Ikatan Alumni SMA 3 Medan, Chairuman Harahap melantik Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni SMA 3 Medan (Ilusman 3 Medan) bertempat di Grand Ballroom Hotel Four Points, Sabtu (26/08/2017) lalu.

Adapun susunan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni SMA 3 Medan (Ilusman 3 Medan) masa bakti 2017–2020 yaitu Ketua Umum Brigjend TNI AD Fachri Murad (Alumni 1981) saat ini bertugas sebagai Danrem 033/Wira Pratama Kepulauan Riau, Ketua Harian Heri Batangari Nasution (Alumni 1983) yang saat ini bertugas sebagai Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, Sekretaris Lilik (Alumni 1984) dan Bendahara Fauzi (Alumni 1977).

Chairuman Harahap yang merupakan alumni 1966 dalam sambutannya usai menyematkan Pin Pengurus dan Penyerahan Bendera Pataka kepada Ketua Umum DPP Ilusman 3 Medan Fachri Murad, mengenang kembali sejarah berdirinya SMA 3 yang dimulai pada tahun 1954 di mana keberadaan SMA 3 seperti dianaktirikan dan sering berpindah tempat.

Pada tahun 1966, SMA 3 yang awalnya berada di Jalan Pelajar (SMA 5 saat ini) dipindahkan ke Simpang Limun.

Di simpang Limun sekolah ini sering kebanjiran maka Pelajar SMA 3 pada saat itu demo dan mengultimatum agar segera dpindahkan ke lokasi yang lebih baik.

Karena tidak juga dipindahkan maka akhirnya pelajar SMA 3 nekat menduduki SMA 1 yang ada di Jalan Sena.

Agar tidak menimbulkan konflik maka Kanwil Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu memerintahkan agar pelajar SMA 1 dipindahkan ke Jalan Cik Di Tiro.

Namun entah pertimbangan apa, beberapa tahun kemudian Pemerintah memindahkan SMA 3 ke Pulo Brayan sampai saat ini.

“SMA Negeri 3 itu sekolah yang penuh perjuangan, dari sejarah SMA Negeri 3 itu maka jangan heran kalau Alumni SMA 3 meupakan orang–orang yang militan,” kata Chairuman.

Chairuman berharap agar Kepengurusan yang baru ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan organisasi dan membawa organisasi ini sebagai organsiasi silaturahmi serta mempersatukan seluruh alumni.

Sementara itu Ketua Umum DPP Ilusman 3 Medan terpilih Fachri Murad yang merupakan lulusan Akademi Militer 1986 menyampaikan visinya untuk menjadikan alumni SMA Negeri 3 Medan sebagai fasilitator untuk mengoptimalkan peran alumni agar bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi almamater.

Untuk mensukseskan Visinya itu, Fachri menyampaikan misinya yaitu

  • Menjalin silaturahmi keakraban dan persaudaraan dengan sesama alumni dimanapun berada.
  • Melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesama alumni.
  • Melakukan kegiatan ekonomi sesama alumni.
  • Membantu program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan.

“Atas nama DPP Ilusman 3 Medan masa bakti 2017–2020 memohon dukungan segenap alumni SMA Negeri 3 agar seluruh program kerja yang sudah direncanakan dapat sukses dan terlaksana dengan baik. Mari kita jadikan diri kita sebagai alumni yang bermanfaat bagi masyarakat dan almamater,” kata Fachri.

Kepala SMA Negeri 3 Medan Hj Elfi Sahara menyambut gembira dilantiknya kepengurusan DPP Ilusman 3 Medan dan berharap agar para alumni dapat memberi perhatian dan kontribusi bagi almamaternya.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 75 tahun 2016 bahwa peran alumni diharapkan lebih banyak memberikan perhatian dan sumbangan baik itu materi maupun sumbangsih pemikiran dalam proses pendidikan di almamaternya.

Elfi Sahara juga menyampaikan bahwa SMA Negeri 3 Medan saat ini terakreditasi A dan merupakan satu SMA rujukan dan percontohan yang ditunjuk oleh Kemendikbud.

(fun/medantoday.com)

Komentar Anda