Festival Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang Digelar

medanToday.com, MEDAN – Wali Kota Medan, H.T. Dzulmi Eldin menghadiri Pembukaan Festival Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, di Medan Club, Sabtu (4/8/2018).

Peringatan yang tahun ini mengambil tema “Perkuat Kemitraan Regional Indonesia Jepang-Indonesia Menuju Penciptaan Ecosociety di Medan dan Sekitarnya”.

Tampak pula hadir dalam acara ini Konsulat Jenderal Jepang, Takeshi Ishii, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Noval Mahyar, SH, Wali Kota Tebingtinggi, Ir. H. Umar Zunaidi, MM, Irwasda Poldasu, Kombes. Pol. Drs. Lilik Arga Tajana, M.Si, Ketua AOTS Sumut, Khairul Mahali, Wakil Rektor 4 USU, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.Si, dan Ketua Medan Japan Club Prof. Hiroomi Homma.

Eldin menyebutkan, tema yang dipilih dalam Peringatan ini sangat erat dengan isu lingkungan hidup, yaitu tentang masyarakat berwawasan lingkungan.

“Tentu masih banyak cara untuk menjaga kelestarian alam, namun upaya ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan semua pihak, terutama masyarakat,” katanya.

Bangsa Indonesia bisa belajar dari bangsa Jepang tentang cara yang bisa ditempuh untuk membangun tetapi tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Eldin menambahkan, memang tidak mudah untuk menjaga kelestarian alam. Seluruh pihak harus secara sadar menjaganya. Antara lain dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan sampah plastik, mencari bahan kimia ramah lingkungan, menanam pepohonan, serta sedari dini mengajarkan generasi muda akan pentingnya air bagi kehidupan.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Medan Japan Club, Hiroomi Homma memaparkan, Indonesia dan Jepang telah membuka hubungan diplomatik sejak 1958, dan kedua negara merayakan pembukaan hubungan diplomatik itu setiap sepuluh tahun. Tahun ini perayaan itu diadakan di berbagai tempat di Indonesia.

Di Medan, lanjutnya, Konsulat Jepang di Medan dan Medan Japan Club melaksanakan peringatan ini dengan tujuan untuk memperkuat hubungan kemitraan internasional kedaerahan di Medan dan wilayah sekitarnya. (mtd/yud)

 

 

==============================

Komentar Anda