medanToday.com – Di perubahan musim, apalagi kalau musim hujan, seringkali penyakit flu menghampiri masyarakat. Hal ini dikarenakan virus influenza dapat menyebar cepat melalui partikel kecil yang dihirup melalui udara yang berasal dari bersin atau batuk.

Virus juga dapat tersebar lewat kontak langsung dengan benda yang sudah terkena virus seperti uang, tissue, gagang pintu. Hal ini dikarenakan virus juga dapat bertahan di luar tubuh.

Gejala flu bisa berupa demam (bisa sampai menggigil), hidung tersumbat dan ingusan, nyeri tenggorokan, kelelahan, nyeri kepala.

Biasanya, flu merupakan penyakit yang ringan, bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari atau kurang dari 2 minggu.Terkadang, beberapa pasien dapat mengalami gejala flu yang memberat atau terjadi komplikasi seperti infeksi paru (sesak nafas), infeksi telinga dan infeksi sinus (hidung makin tersumbat dan sakit kepala yang memberat).

Pasien anak < 5 tahun, lansia, ibu hamil, pasien asma, pasien dengan riwayat penyakit kronis, merupakan pasien yang mempunyai risiko tinggi terjadinya komplikasi flu. Jika gejala flu tidak membaik atau bahkan memberat segera berobat ke dokter.

Namun, bagaimana caranya agar kita dapat mencegah terkena flu? Begini tipsnya…

1.Pengendalian Infeksi
Mencegah penyebaran virus influenza caranya mudah, hanya dengan cuci tangan dan menutup mulut ketika batuk atau bersin. Masalahnya gimana cuci tangan yang benar? Cuci tangan yang benar dan tepat itu sebaiknya menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, atau bisa dengan alcohol based hand-sanitizer. Gosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku selama lebih kurang 20-30 detik bila dengan hand sanitizer dan 40-60 detik dengan sabun.

Sebaiknya setelah bersin atau batuk, cucilah tangan dengan benar. Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, jika menggunakan tissue segera buang tissuenya. Menghindari orang yang terkena flu dan bagi orang yang terkena gejala flu sebaiknya memakai masker.

Menghindari kontak dengan pasien yang terkena flu, atau jika kamu terkena flu sebaiknya beristirahat di rumah sampai setidaknya 1 hari setelah gejala demam hilang.

2.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Caranya adalah dengan makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, minum air yang cukup, dan ini nih yang agak sulit yaitu kendalikan stress!

3.Vaksinasi
Vaksinasi setiap sekali setahun, terutama pada orang yang memiliki risiko tinggi terjadinya komplikasi flu. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan vaksinasi sebagai tahap awal dan terpenting dalam melindungi diri dari virus flu.

Vaksin akan membantu perkembangan antibodi dalam tubuh untuk melawan virus sekitar 2 minggu setelah vaksinasi. Bagi yang mempunyai alergi terhadap telur, sebaiknya divaksinasi oleh petugas kesehatan.(mtd/nina)

==============
Penulis : dr Nina br Ginting |
nb: Silahkan kirim pertanyaan anda seputar dunia kesehatan ke email medantoday@gmail.com ,tim kami akan mengulas dan menuliskan untuk anda.
Komentar Anda