medanToday.com,SIANTAR – Untuk mewujudkan Semangat Baca Rakyat (SEBAR) di 40 desa di sekitar Danau Toba, Yayasan Alusi Tao Toba mengadakan penggalangan dana dengan berjalan kaki sejauh 25 kilometer Sabtu, 25/2. Kegiatan jalan kaki ini disebut dengan TOWARDS (Toba Walking for Reading Spirit).

TOWARDS dilaksanakan di Pematang Siantar oleh pendiri Yayasan Alusi Tao Toba Togu Simorangkir bersama beberapa relawan Alusi Tao Toba. Perjalanan dilakukan dari Desa Silulu, Serapuh, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun sejauh 17 Km dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 8 Km di Kota Pematang Siantar.

Titik finish di Taman Bunga Kota Pematang Siantar dan selesai pada pukul 11 setelah melakukan sekitar 6 jam perjalanan.

TOWARDS juga dilakukan oleh beberapa orang secara terpisah untuk mendukung kegiatan Alusi Tao Toba. Seperti di Australia (Jelita Sidabutar), di Nepal (Apsari Kusumastuti), di Taman Nasional Baluran (Nurdin Razak), di Jakarta (Listra Lubis dan Frida Simorangkir), dan Bobby Nopandry Ougan di Panyabungan.

“Kami jalan kaki 25 kilometer bukan untuk sehat, tetapi untuk anak-anak di sekitar Danau Toba,” kata Togu Simorangkir, Pendiri Yayasan Alusi Tao Toba.

SEBAR merupakan upaya membawa buku-buku bacaan berkualitas ke desa-desa di sekitar Danau Toba untuk membangkitkan semangat membaca masyarakat.

Berbeda dengan sopo belajar yang lebih dulu dikelola Alusi Tao Toba, SEBAR bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk mengelola buku-buku bacaan tersebut.

“Hadiah terindah itu adalah kesempatan, dengan memberikan dukungan terhadap kegiatan Alusi Tao Toba, anda sudah memberikan hadiah terindah untuk anak-anak di Danau Toba, yaitu kesempatan untuk mendapatkan akses buku-buku bacaan berkualitas,” kata Togu lagi. (mtd/min/ril)

=======

 

Komentar Anda