medanToday.com,NIAS – Gempa bumi dengan kekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang Timur Laut Nias Sumatera Utara, Nias, Sumatera Utara (Sumut), Jumat, 6 Januari 2017 sore sekitar pukul 17:24:59 WIB.

Gempa tersebut terjadi di episenter terletak pada koordinat 1.38 LU dan 98.04 BT, pada kedalaman 41 km.

Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli Nias Gandamana Matondang mengatakan, dilihat dari peta gempa BMKG menunjukkan, guncangan kuat dirasakan masyarakat di Kepulauan Nias dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI).

“Gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan. belum ada aktivitas gempa bumi susulan,” jelas Gandamana Matondang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/1/2017) sore.

Lebih lanjut, Gandama menerangkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

“Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia,” tambahnya.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Nias dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tandasnya.

Selain di Nias, guncangan gempa tersebut juga dirasakan di beberapa daerah lainTarutung, Padang Sidimpuan, dan Sidikalang.(mtd/bwo)

==========

Komentar Anda