medanToday.com,MEDAN – Gempa yang diperkirakan berpusat di sekitaran wilayah Deliserdang dan Karo, Senin (16/1/2017) terasa hingga Kota Medan dan juga Kota Binjai. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho bahkan memperkirakan pusat gempa cukup dekat dengan Gunung Sinabung di Karo.

“Semoga tidak makin meningkatkan aktifitas vulkanik Gunung Sinabung. Sementara kita pastikan status gunung masih Awas,” terangnya.

Meski ia memperkirakan dampak kerusakan bangunan tidak terlalu masif, namun dari postingan netizen di media sosial, tampak beberapa bangunan di Kota Medan rusak parah. Salah satunya bioskop di Focal Point Mal, Ringroad, Medan.

Atap bioskop nampak berjatuhan menimpa kursi khas bioskop yang berwarna merah. Dinding kaca di mal tersebut juga pecah dan berserakan di lantai.

Gempa terjadi sekitar pukul 19.13 WIB. Gempa yang melanda Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, terasa hingga Kota Medan. Gempa yang berlangsung sebanyak dua kali dalam waktu singkat membuat warga Medan ikut berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan informasi yang dirilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa pertama yang berlangsung pada pukul 19.13 WIB berkekuatan 3.9 skala Richter. Gempa terletak pada 3,24 LU dan 98.59 BT atau 23 KM Barat Daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 KM.

Sedangkan gempa kedua dirasakan pada pukul 19.42 yang berkekuatan 5.6 skala Richter dan terletak di 3.33 LU dan 98.46 BT atau 28 KM Barat Daya Kabupaten Deli Serdang. Gempa kedua ini juga dengan kedalaman 10 kilometer. (mtd/dis)

===========

Komentar Anda