Ilustrasi (Int)

medanToday.com – Gong Xi Fa Cai itulah ucapan yang biasa kita dengar saat perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Ucapan-ucapan selamat ini ditujukan kepada kerabat yang merayakan.

Hal ini tampaknya menjadi suatu kebiasaan dari tahun ke tahun yang membuat banyak orang percaya bahwa ucapan tersebut memiliki arti ‘Selamat Tahun Baru Imlek’. Namun, sejatinya makna kalimat ‘Gong Xi Fa Cai’ bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Lantas, apa makna sesungguhnya?

Mengutip situs GongXiFatChoi, makna kalimat Gong Xi Fa Cai bukan berarti Selamat Tahun Baru Imlek. Kalimat tersebut sejatinya memiliki arti ‘Selamat Sejahtera’.

Sejarah singkat pemberian nama ‘Gong Xi Fa Cai’ berawal dari kata ‘Gong Xi’ yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas. Lalu, kata “Fa Chai” memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang seiring perkembangan zaman semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa.

Penggunaan kata ini berawal dari beberapa abad yang lalu. Penggunaan dua kata pertama yaitu ‘Gong Xi’ memiliki sejarah penggunaan yang cukup panjang, tetapi jika berdasarkan legenda maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka.

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan yang mengangkat kondisi yang serba keras, semangat kapitalisme, dan konsumerisme yang melanda seluruh komunitas China seluruh dunia, menjadikan ditambahkannya kata ‘Fa Chai’ (sejahtera/makmur) pada pengucapan tersebut.

Ucapan inilah yang hingga sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat keturunan China di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek.

Rayakan Imlek Dengan Sederhana & Penuh Suka Cita

Ucapan ‘Gong Xi Fa Cai’ selain diucapkan oleh kalangan dewasa, diucapkan juga oleh anak-anak ketika sedang berkunjung.

Anak-anak mengucapkan ‘Gong Xi Fa Chai’ ditambah dengan ucapan ‘Hong Bao Na Lai’ yang memiliki arti ‘Ang Pao ke Sini Dong!’ saat berkunjung terutama kepada para kerabat dekat yang lebih senior. Ucapan-ucapan seperti itu sudah tidak asing di kalangan warga Tionghoa.

Lantas, apa ucapan ‘Tahun Baru Imlek’ yang sebenarnya? Ternyata ucapan ‘Tahun Baru Imlek’ sesungguhnya diucapkan dengan kata-kata ‘Xin Nian Kuai Le’.

Komentar Anda