Harapkan Lahirkan Atlet Berprestasi, Kemenpora Latih 50 Pelatih Petanque

medanToday.com, MEDAN – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memberikan pelatihan pemula cabor se-Sumatera Utara. Kali ini, pelatihan fokus cabang olahraga petanque yang digelar di Kampus STOK Bina Guna Medan, Jalan Aluminium Raya, pada 11 hingga 13 September 2018.

Pelatihan Pelatih dan Arbitre Cabang Olahraga Petanque dengan tema ‘Prestasi yang kuinginkan, Sumut emas menjadi tujuan’, diikuti 50 peserta dan dibuka Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Prof Dr Mulyana M.Pd, Rabu (12/9/2018).

Mulyana mengatakan, jika program ini merupakan rancangan utama Kemenpora RI untuk menciptakan pelatih yang mampu mencari dan melahirkan atlet berprestasi ditiap daerah.

“Ini adalah program kami, semua daerah kita ciptakan program 100 ribu pelatih. Unsur utama program ini adalah menciptakan pelatihan dan mendesign pelatih,” katanya.

Mulyana menambahkan, dibutuhkan proses panjang bagi pelatih untuk menyiapkan atletnya memenuhi target yang diemban.

“Menghasilkan prestasi yang maksimal, tidak mudah. Harus mempersiapkan SDM. Untuk meraih sesuatu, kita harus punya mimpi. Atlet dan pelatih disiapkan untuk meraih prestasi dan tentunya perlu menjalani proses pelatihan yang berkesinambungan,” ujarnya.

Dirinya mencontohkan, prestasi yang berhasil diraih Indonesia diajang Asian Games. Finish diurutan keempat dengan raihan 31 medali emas, merupakan proses panjang yang dijalani pelatih dan atlet.

“Ada proses, bagaimana kompetensi pelatih dalam menyusun program pelatihan untuk atlet. Dari pelatihan ini harus dimulai kontribusi positif untuk petanque Sumut. Harapan kedepannya, Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 mudah-mudahan dari pelatihan ini menjadi pelatih di PON nanti,” harapnya.

Sedangkan Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut, dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes, berharap, pelatihan ini menjadi bakal bagi pelatih petanque untuk fokus dan serius serta mampu melahirkan atlet yang berprestasi. “Selamat mengikuti pelatihan ini. Yakinkan diri, jika pestasi olahraga Sumatera Utara kedepan harus kita raih dan tingkatkan untuk kita persembahkan,” pungkas wanita yang akrab disapa Lili itu.

Ketua Panitia, Dr Ibrahim Sembiring S.Pd, M.Or, mengatakan, ke-50 peserta terdiri dari 25 pelatih dan 25 atlet. Dari seluruh peserta ini dari perwakilan FOPI 16 Kab/Kota , juga klub serta perwakilan STOK Bina Guna. Turut hadir, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Josua Sinurat, Kabid Binpres KONI Sumut, Misnan. (mtd/yud)

 

 

 

===============

Komentar Anda