Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (kiri) tampak sendiri saat konvoi usai mengikuti Pilkada Damai di Taman Budaya Sumatera Utara, Medan, Minggu (18/2).(mtd/ist)

medanToday.com, MEDAN – Calon Gubernur Sumut H Djarot Saiful Hidayat menyampaikan kesiapannya bersama Cawagub Sihar Sitorus dan tim pemenangan untuk menggelar kampanye secara damai dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut tahun 2018.

Kesiapan itu diungkapkan Djarot Saiful Hidayat usai mengikuti pembukaan pawai Pilkada damai di Taman Budaya Sumatera Utara di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Minggu (18/02/2018).

Djarot Saiful Hidayat bersama Sihar Sitorus mengucapkan ikrar kesiapan menggelar pilkada secara damai yang dipimpin Ketua KPU Sumut Mulia Banurea.

Ikrar tersebut juga diikuti Calon Gubernur Edy Rahmayadi meski tanpa didampingi Calon Wakilnya, Musa Rajekshah.

Setelah itu, pasangan Cagub Djarot-Sihar dan Edy Rahmayadi melakukan pelepasan burung dan balon, serta penandatanganan naskah deklarasi pilkada damai yang disaksikan anggota KPU RI Ilham Saputra dan Ketua KPU Sumut Mulia Banurea.

Penandatanganan itu juga disaksikan unsur pemerintah terlihat Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Pangkosekhanusnas III Medan Marsma TNI Tribowo Budi Santoso, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.

Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, deklarasi dan pawai tersebut digelar dengan maksud agar penyelenggaraan Pilgub Sumut tahun 2018 benar-benar berjalan dengan damai dan kondusif.

“Kami berharap, seluruh pasangan Cagub-Cawagub Sumut dan tim pemenangan memberikan edukasi politik kepada masyarakat dalam pemilihan gubernur,” tutur Mulia Banurea.

Pihaknya juga berharap seluruh pasangan Cagub-Cawagub Sumut agar mampu memanfaatkan waktu kampanye yang berlangsung lebih dari empat tersebut dengan maksimal guna menyosialisasikan visi dan misi masing-masing.

“Gunakanlah tahapan kampanye dalam proses memberikan pendidikan politik dan demokrasi di Sumut,” ujar Mulia.

Setelah itu, Djarot-Sihar mengikuti pawai yang diawali dari Taman Budaya Sumatera Utara di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Minggu, lalu menyusuri Jalan Thamrin, Jalan HM Yamin, Jalan Merak Jingga, Jalan Yos Sudarso, Jalan Adam Malik, Jalan Maulana Lubis, Jalan Raden Saleh, Lapangan Merdeka, Jalan Putri Hijau, dan kembali ke Taman Budaya Sumatera Utara.

Pawai tersebut juga diikuti tim pendukung pasangan Djarot-Sihar seperti Ketua PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih, serta anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan dan Junimart Girsang.

Ketika melintasi Jalan Adam Malik, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus turun dari truk terbuka yang membawanya, dan mengendarai sepeda motor milik wartawan.

Aksi simpatik yang dilakukan Djarot-Sihar tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat yang melambaikan tangan sambil mengacungkan dua jari sebagai tanda nomor 2 yang menjadi nomor urut pasangan cagub yang diusung PDI Perjuangan dan PPP itu.(mtd/min)

===========

Komentar Anda