Indonesia Usung Tri Sukses di Asian Games 2018

medanToday.com, MEDAN – Tri sukses yang diusung Indonesia dalam perhelatan akbar Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang diharapkan mampu terwujud. Kesuksesan itu pula yang menjadi modal dan kepercayaan negara ini untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2034 mendatang.

Hal tersebut dikatakan anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan dalam Sosialisasi pelaksanaan Asian Games 2018, di Santika Dyandra Hotel, Medan, Senin (6/8/2018) siang.

Tri sukses tersebut, yakni Sukses, Administrasi, tak adanya tersangkut kasus usai perhelatan pesta olahraga se-Asia ini. Kemudian, sukses penyelenggaraan, dengan harapan terdongkraknya perekonomian nasional serta sukses prestasi.

“Sukses prestasi ini sebagai tuan rumah wajar kita targetkan kemenangan dengan harapan 20 medali emas dapat dicapai,” ungkap Sofyan yang juga Ketua Umum Perbasi Sumut itu.

Acara ini dihadiri perwakilan Dispora Kota Medan, Suryadi, Sofyan Tan menilai, persaingan tak mudah bagi Indonesia untuk meraih gelar juara umum. Masuk dalam perebutan posisi 10 besar merupakan hal yang wajar. Namun, tri sukses itulah harus diwujudkan, yang tak hanya berpangku pada atlet saja tapi juga seluruh elemen dan lapisan bangsa ini.

“Ini sebagai satu hal yang menarik. Kita maju, lainnya lebih maju. Namun, ini sebagai titik tolak dari olahraga Indonesia dan target 2034 menjadi tuan rumah Olimpiade,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Sofyan Tan mengatakan, pelaksanaan Asian Games 2018 nanti banyak memberikan keuntungan bagi Indonesia. Tidak hanya dari segi pemasukan keungan, tapi juga keuntungan peningkatan prestasi olahraga di Indonesia.

“Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu memperkirakan, dampak ekonomi langsung dari perhelatan Asian Games 2018 sebesar Rp45,1 triliun, bayangkan betapa besarnya pemasukan dari perhelatan Asian Games 2018 nanti, akumulasi dari perhelatan Asian Games tetap memberikan dampak ekonomi yang positif terhadap Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, dampak positif Asian Games 2018 diantaranya, meningkatkan sektor pariwisata, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga.

“Warga kota Medan harus dukung Asian Games 2018 nanti. Apalagi Sumut sendiri akan mengirimkan 22 atletnya dimana 10 atlet sendiri berasal dari kota Medan,” ujarnya.

Deputi II Inasgoc, Asifa Latief, mengatakan perhelatan Asian Games 2018 banyak memberikan keuntungan bagi Indonesia. Untuk itu, perlu adanya kerjasama setiap pemerintah daerah untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018.

Acara tersebut juga mengapresiasi mantan atlet basket Sumut, yang memperkuat Indonesia di Asian Games 1962, Amin Ali. Sofyan Tan memakaikan jaket Asian Games 2018 sebagai tanda penghormatan atas pengabdian terhadap merah putih. (mtd/yud).

================================

Komentar Anda