Kejayaan Atlet Sepeda Sumut Belum Tergantikan Hingga Saat Ini

0
30
ILUSTRASI | Atlet balap sepeda Indonesia Aiman Chayadi (depan) berusaha memacu sepedahnya pada nomor Road Race Putra 182 km di Songdo Road Cycling Course, Incheon. ANTARA FOTO/SAPTONO

medanToday.com,MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan, Sumut pernah memiliki atlet balap sepeda andalan.

“Sutiono atlet Sumut yang sangat hebat, pernah mendapatkan 5 medali emas cabang balap sepeda pada PON ke-8 tahun 1973. Sayangnya setelah Sutiono, kejayaan atlet balap sepeda Sumut berakhir dan belum tergantikan sampai saat ini,’’ cetus Tengku Erry di acara pelantikan pengurus provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara di Swiss Belhotel Medan, Sabtu (20/05/2017).

Hadir Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, sejumlah atlet sepeda Sumut, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan undangan.

Pengukuhan dan pelantikan pengurus ISSI Sumut masa bakti 2017-2021 dilakukan langsung oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari.

ISSI Sumut diketuai Akbar Himawan Buchari, Ketua Harian M Faisal Hasrimy, Sekertaris Umum SF Yudha, Wakil Sekum Juanda Iqbal. Bendahara Umum M Olko Olila Siba, Wakil Bendahara Umum Haris Pulian Saragih.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Sadril Saifoeddin, Ketua Organisasi Erwin Ramadani, Ketua Bidang Peneliti dan Pengembangan Bessy Pane, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Mhd Hidayatulah Sinaga, Ketua Bidang Hukum M Haris Hasbullah.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menekankan perlunya keseriusan pembinaan atlet-atlet berbakat. Pemprovsu memiliki komitmen untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Keseriusan itu ditandai dengan upaya mengajukan lahan kepada menteri BUMN untuk sport stadion.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Gubsu berkeyakinan bisa membangkitkan kejayaan cabang olahraga balap sepeda Sumut. Tidak hanya untuk pertandingan, tapi juga menopang pariwisata.

‘’Ini menjadi momentum kebangkitan olahraga sepeda. Tidak hanya untuk pertandingan tapi juga mengangkat sisi pariwisata khususnya di Sumatera Utara. Seperti Tour de Singkarak, kita mungkin juga akan buat Tour de Toba,’’ harap Gubsu Erry.

Sementara, Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya mengatakan sejumlah program sudah disiapkan untuk peningkatan prestasi atlet. Raja juga mengapresiasi komitmen gubernur yang akan meningkatkan sarana dan prasarana olahraga khususnya sport sepeda di Sumatera Utara. (mtd/ril)

=================

Komentar Anda