medanToday.com,MEDAN – Keluarga Alumni dan Mahasiswa Karo Universitas Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan Saniogarih mengadakan pelatihan Motivasi, Leadership dan Pengenalan Perguruan Tinggi Negeri serta Sekolah Kedinasan (PTN) bagi 450 siswa-siswi terbaik perwakilan Seluruh Siswa SMU/SMK se Tanah Karo pada hari Jumat dan Sabtu tgl 9-10 Maret 2018 di Zentrum GBKP Kabanjahe.

Saniogarih adalah singkatan dari Sada Nioga Sada Perarih yang artinya satu hati dan satu kata membangun negeri alumni dan mahasiswa Karo Universitas Indonesia.

Pembukaan acara tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Karo Ibu Corry Sebayang. Corry sangat mengapresiasi kegiatan rutin yg dilakukan Saniogarih dalam bentuk program Bakti Saniogarih Bagi Karo (BSBK).

Menurut Corry dalam sambutannya, BSBK yg telah dilakukan sebanyak 12 kali dalam 6 tahun terakhir telah menghasilkan peningkatan jumlah siswa yang masuk ke PTN favorite di tanah air khususnya ke Universitas Indonesia

Ketua Umum Saniogarih Dinas Sebayang, Alumnus Fakultas Teknik UI, menyatakan bahwa tujuan kegiatan BSBK ini adalah fokus meningkatkan jumlah lulusan SMU dari Tanah Karo masuk ke PTN favorite di tanah air.

Sebayang menyatakan bahwa materi yang disajikan sangat berorientasi kpd substansi yg meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan intelektual siswa dalam zaman milineal ini.

Pembicara dalam seminar tersebut tidak saja dari Alumni UI tetapi ada dari ITB, IPB, STAN, dan Institusi yang bergerak di bidang Sumber daya manusia antara lain Febrio Kacaribu SE., MSc., Ph.D Dosen Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UI, Dr. Cerah Bangun, SH., MH., Pejabat Bea Cukai Kementerian Keuangan, Dr. Christiani R Tarigan Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Debora Bangun, SE., Ak., MM Direktur Target Resourcing Service South East Asia, Rudi Sembiring ITB, Alex Sembiring Pengusaha Money Changer.

Debora Bangun dalam presentasinya menyatakan bahwa PemudaZaman Now harus mampu berkompetisi secara Internasional. Pemuda Karo harus bermimpi go internasional. They must be Dare to Dream.

Doktor Cerah Bangun mengawali presentasinya dengan mengadakan try out soal soal Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Soal soal Masuk STAN, guna mengetahui kemampuan para siswa tersebut.

Saya memberikan contoh soal sejak dini agar mereka familiar dan dapat mengerjakan soal secara cepat dan tepat, kata Cerah Bangun alumni Fakultas Hukum UI dan STAN ini.

Selain materi di atas, dalam BSBK ke 12 ini dilakukan launching English Conversation Program utk SMU GBKP Kabanjahe, ekspansi program SMU kedua setelah SMU Masehi Berastagi.

Dalam BSBK kali ini dilakukan juga program spesial yakni SANIOGARIH GOES GREEN COMPETITION.Dalam program ini SANIOGARIH memberikan AWARD dan PIALA BERGILIR kepada MU/SMK pemenang kompetisi.

Tujuan award ini adlh menstimulasi kompetisi yang positif bagi siswa-siswi SMU seTanah Karo khususnya untuk mendukung bidang kebersihan dan keindahan di lingkungan SMU khususnya dan Tanah Karo umumnya. Saniogarih melihat tingkat kebersihan dan keindahan di Tanah Karo masih jauh dari harapan.

Finalis kompetisi ini adalah SMU Barusjahe, SMU Negerai 2 Kabanjahe, dan SMU Kuta Buluh. Juara satu dalam Program ini adalah SMU Negeri 2 Kabanjahe.

Saniogarih berharap Program ini bermanfaat bagi para siswa-siswi dan dapat merangsang Alumni PTN lainnya membuat program sejenis untuk mendukung pendidikan di Tanah Karo dan Sumut pada umumnya.

Sebagai penutup Wakil Bupati mengharapkan, BSBK tetap terus berlangsung dan menjadi saluran berkat buat generasi muda zaman now. (mtd/min)

=========================

Komentar Anda