Drone Tello. (wetalkuav.com)

medanToday.com – Jika Anda mengira bahwa drone adalah barang mahal dan tidak terjangkau, mungkin Anda perlu tahu bahwa sebuah startup asal China bernama “Ryze Tech” menjual drone dengan harga 99 dollar AS atau setara Rp 1,3 juta.

Padahal, drone tersebut menggunakan teknologi dari Intel dan DJI.

DJI merupakan perusahaan drone kawakan yang bermarkas di Shenzen, China. Drone keluaran DJI rata-rata dihargai pada kisaran belasan juta rupiah. Ada pula yang di bawah Rp 10 juta, dan tak sedikit yang bahkan mencapai Rp 20 juta.

Jika melihat harga yang ditawarkan Ryze Tech, bisa dibilang Tello sebagai drone perusak harga pasar.

Tello dilengkapi kamera yang bisa membidik video 360 derajat dan menyiarkannya secara langsung pada tablet pengontrol atau perangkat virtual reality (VR) pihak ketiga yang dimiliki pengguna.

Ryze Tech memproyeksikan Tello untuk anak muda, dengan menjanjikan fitur-fitur yang aman dan mudah digunakan. Tello bisa take-off dan landing secara otomatis berkat chip pemrosesan dari Intel dan stabilisator penerbangan dari DJI.

Lebih jelasnya, Tello menggunakan Intel Movidius Myriad 2 VPU yang menangani pengenalan objek (object recognition) sehingga bisa merespons gestur tangan dan gerakan-gerakan lainnya.

Dengan bobot 80 gram, Tello tentu saja terbilang kecil. Perangkat ini bisa terbang hingga 13 menit dan menjepret foto beresolusi 5 megapiksel, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (15/1/2018), dari TheVerge.

Kemungkinan Tello akan meluncur resmi pada Maret mendatang, menyusul perkenalannya pada pekan ini di ajang CES 2018, Las Vegas, Amerika Serikat.(mtd/min)

Komentar Anda