medanToday.com,MEDAN – Ponsel Android pertama dari Nokia akhirnya benar-benar resmi diluncurkan. Nokia 6, demikian namanya, dirilis oleh perusahaan HMD Global yang dipercaya Nokia untuk membuat dan mengedarkan smartphone-nya dengan sistem lisensi.

Nokia 6 ternyata ditujukan untuk pasar China pada saat ini, dengan harga dipatok USD 246. Jika dirupiahkan sekitar Rp 3,2 juta.

Ini adalah smartphone pertama bermerek Nokia setelah absen sejak tahun 2014, karena Microsoft selaku pemilik brand memutuskan pada saat itu untuk tidak lagi membuat ponsel cerdas Nokia.

Kemudian, lisensi brand Nokia telah diserahkan Microsoft kepada HMD yang juga berbasis di Finlandia sehingga lahirlah smartphone ini sebagai produk perdana.

Nokia 6 dibuat oleh Foxconn dan dijual secara ekslusif di China melaui retail online JD.

“Keputusan HMD untuk meluncurkan smartphone Android pertamanya di China adalah refleksi dari keinginan untuk memenuhi kebutuhan di pasar yang berbeda-beda. China adalah pasar yang penting secara strategis,” demikian pernyataan HMD.

Nokia dulu memang pernah meluncurkan ponsel berbau Android bernama Nokia X saat masih bersama Microsoft. Namun Nokia X tidak menampilkan Android secara murni dan penampilannya mirip Windows Phone.

Setelah di China, HMD diperkirakan akan memasarkan ponsel Nokia buatannya di berbagai belahan dunia. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

Spesifikasi Nokia 6

Di situs resminya, HMD menggemborkan kalau Nokia 6 punya desain mewah dan digarap dengan sangat serius. “Hasilnya adalah unibodi alumunium dengan level visual dan kualitas struktural tertinggi,” tulis HMD.

Nokia 6 mengusung layar 5,5 inch resolusi full HD 1080p dengan bungkus Gorilla Glass 2,5D. Jeroannya dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 430.

“Nokia 6 memiliki RAM 4 GB dan storage internal 64 GB dan menjalankan versi terakhir Android Nougat. Ada dual amplifier yang menghantarkan suara 6dB lebih keras. Lalu Dolby Atmos juga membuat audio powerful,” papar HMD.

Di sektor kamera, Nokia 6 mengusung resolusi 16 megapixel serta kamera depan 8 megapixel. Spesifikasi lain seperti berapakah kapasitas baterai belum diumumkan.

Nokia 6 ini akan dijual khusus di pasar China melalui retail online JD. HMD menjanjikan akan ada lagi produk Nokia Android selanjutnya yang kemungkinan besar akan menyapa lebih banyak pasar. (mtd/min/detik)

=============

Komentar Anda