Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.(Fabian Januarius Kuwado)

medanToday.com, JAKARTA – Ketua DPP PDI-P Andreas Hugo Pareira mengatakan, partainya menyayangkan rencana pengunduran diri bakal calon wakil gubernur Jawa Timur yang juga Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Namun, ia menilai, bisa jadi itu hal terbaik bagi Anas serta proses pemenangan Pilkada Jawa Timur oleh PDI-P dan partai pengusung lain.

“Oleh karena itu, PDI Perjuangan akan merespons dengan segera mengganti pasangan untuk Pak Saifullah Yusuf,” kata Andreas melalui pesan singkat, Jumat (5/1/2018).

Mengenai nama calon wakil gubernur yang akan menggantikan Anas, Andreas menjawab, hal itu masih akan dibahas oleh PDI-P. Ia enggan menjawab saat ditanya kapan pengganti Anas dideklarasikan kepada publik.

“Nantilah. Nanti jadwalnya ditetapkan dulu,” lanjut Andreas.

Sebelumnya, Abdullah Azwar Anas, bakal calon wakil gubernur Jatim pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tiba-tiba ingin mundur dari pentas Pilkada Jatim.

Keinginan Bupati Banyuwangi itu dibenarkan Gus Ipul, Kamis (4/1/2018) malam. Wakil Gubernur Jatim itu mengakui telah dihubungi Azwar Anas yang menyampaikan niatnya mundur dari posisi wakil Gus Ipul.

Saya sempat kaget, saya juga dapat informasi dari partai pengusung soal rencana mundurnya Azwar Anas,” kata Gus Ipul.

Sayangnya, Gus Ipul tidak menjelaskan penyebab rencana mundurnya Azwar Anas.

“Nanti biar Mas Anas saja yang langsung menjelaskan. Saya juga belum tahu, rencananya dia ingin menyampaikan langsung kepada saya penyebabnya,” ujar Gus Ipul.

(mtd/min)

Komentar Anda