Pesan Tengku Erry di HUT Pemprov Sumut ke-70

medanToday.com, MEDAN – Dalam rangka memperingati HUT ke-70, Pemprov Sumut menggelar gerak jalan santai, Minggu (15/4/2018). Kegiatan ini diikuti 6.000-an peserta perwakilan dari kabupaten/kota se-Sumut.

Gerak Jalan Santai ini mengambil start di depan halaman kantor Gubsu, Jalan Diponegoro menuju Jalan Zainul Arifin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman, dan finish di kantor Gubsu.

Beragam hadiah dengan total nilai Rp 108 juga disediakan khusus untuk lomba gerak jalan beregu, yang diikuti 220 tim, masing-masing kategori pelajar, perguruan tinggi, OPD, maupun umum (BUMD, BUMN, TNI/Polri).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung, Plt.Sekdaprovsu Ibnu S Hutomo, Ketua PKK Sumut Ny. Hj. Evi Diana Erry, unsur Forkopimda, Staf Ahli dan Kepala Biro Setdaprovsu, OPD Provsu, serta masyarakat umum.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, peringatan HUT ke-70 Pemprov Sumut ini sebagai momen menjalin kebersamaan dan kekompakan.

“Saya memaknai HUT ke-70 Provinsi Sumut ini sebagai momen untuk menjalin kebersamaan dan kekompakan. Selama ini, sering ada kesan pemerintah dan masyarakat itu berjarak,” katanya.

Selain untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat, ia berharap agar gerak jalan ini bisa menjadi ajang untuk menyemarakkan semangat olahraga, dan mensosialisasikan ASIAN Games yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

“Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN Games terakhir sudah cukup lama, sekitar tahun 60-an. Kita patut bersyukur akhirnya bisa jadi tuan rumah lagi. Begitu pula dengan PON. Sebagaimana kita ketahui bersama, kita sudah mengajukan untuk menjadi tuan rumah PON bersama Aceh. Mudah-mudahan tahun 2024, setelah PON Papua 2020, Sumut dan Aceh bisa ditetapkan menjadi tuan rumah bersama,” ujarnya.

Setelah kegiatan olahraga ini juga akan ada kegiatan lain yang termasuk dalam rangkaian acara HUT ke 70 Provsu. Mulai dari drum band, tabligh akbar, karnaval kendaraan hias, launching buku, ziarah, rapat paripurna DPRD, dan resepsi hari jadi provsu.

Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. “Saya bangga kepada Gubsu yang setiap ulang tahun selalu ada kegiatan-kegiatan kreatif yang melibatkan komponen masyarakat di level manapun, ada pemuda, anak-anak, wanita, lembaga, swasta, dan pihak pemerintah. Semua terlibat, artinya wujud ingin bersatu di wilayah kita Sumut ini sangat kuat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu Baharuddin Siagian menyampaikan bahwa kegiatan gerak jalan santai ini dibagi menjadi dua kelompok peserta, yaitu beregu dan massal.

“Kita sangat bersyukur, karena jumlah peserta beregu dan massal yang mengikuti kegiatan gerak jalan ini ternyata melebihi target. Awalnya kita targetkan 5.000, ternyata mencapai hingga 6.000-an peserta. Itu artinya, masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini,” jelasnya.

Setelah selesai melakukan gerak jalan, peserta berkumpul kembali di lapangan Kantor Gubernur Sumut untuk mengikuti acara hiburan, kuis, pengundian lucky draw, dan pengumuman pemenang. Para peserta tampak sangat gembira dan menikmati kegiatan tersebut. Hal ini tampak dari kegembiraan yang mereka tampilkan lewat tawa dan sorak sorai.

Zunaidi, salah satu karyawan PTPN IV yang menjadi peserta gerak jalan massal, membenarkan bahwa kegiatan gerak jalan santai tersebut sangat menghibur. “Jujur, saya dan istri sangat menikmati gerak jalan ini. Momen yang cocok untuk bersantai dan quality time dengan kaluarga. Selain itu, kita juga bisa nambah kawan, kenalan dengan peserta-peserta lain,” pungkasnya. (mtd/yud)

===========================================

Komentar Anda