Polisi Sebut KM Sinar Bangun Tak Dikemudikan Nahkoda Aslinya

medanToday.com, MEDAN – Ada kejanggalan yang ditemukan polisi terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6) sore. Nahkoda kapal itu ternyata berada di darat saat musibah terjadi.

“Ada yang aneh dalam pengungkapan kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun ini. Nama nahkoda tidak ditemukan dalam daftar korban selamat maupun yang hilang. Dia berada di darat,” kata Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan kepada wartawan, Rabu (20/6).

Setelah ditelusuri, nakhoda berinisial TS, warga Desa Simarmata, Simanindo, Samosir, Sumut ternyata tidak mengemudikan kapalnya. Dia meminjamkan angkutan air itu kepada orang lain.

Namun, Marudut enggan membeberkan di mana TS saat ini diamankan. Dia beralasan hal itu untuk menjaga keamanan yang bersangkutan, sekaligus untuk memudahkan pemeriksaan. “Kami tidak bisa memberitahukan keberadaannya. Kalau kami beritahukan, bisa saja terjadi amuk massa,” ucapnya.

Marudut pun belum bersedia membeberkan identitas orang yang benar-benar mengemudikan KM Sinar Bangun saat musibah terjadi. Dia pun tidak mau merinci apakah yang bersangkutan termasuk korban selamat atau masih dinyatakan hilang.

Dia menyatakan polisi berkoordinasi dengan KNKT masih melakukan penyelidikan kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun. Namun, fokus saat ini masih pencarian para korban. “Selanjutnya, kami melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal,” tutur Marudut.

Seperti diberitakan KM Sinar Bangun tenggelam dalam pelayaran dari Simanindo, Samosir, menuju Tigaras, Simalungun, Senin (18/6) sore. Kapal kayu itu diduga mengangkut lebih dari 200 penumpang plus puluhan sepeda motor sebelum terbalik dan tenggelam.

Meski Mabes Polri menyatakan sudah orang penumpang KM Sinar Bangun yang ditemukan, pihak Polda Sumut menegaskan, jumlah yang ditemukan baru 21 orang.

“Yang sudah ditemukan 21 orang, 18 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia,” kata AKBP MP Nainggolan, Kasubbid Peneranhan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut sekitar pukul 22.13 WIB. (mtd/min)

=================================

Komentar Anda