Polisi Tangkap Dua Warga Pembakar Lahan di Rokan Hulu

ilustrasi borgol. Merdeka.com

medanToday.com, ROKANHULU – Polisi menangkap dua orang pria berinisial Ak alias Ayar (45) dan SR alias Rambe Baling (46). Kedua warga Kecamatan Tandun ini diduga melakukan pembakaran lahan hingga menyebabkan kabut asap.

Kapolres Rokan Hulu AKBP M Hasyim Risahondua mengatakan, lahan yang dibakar berada di RT 08/RW 04 Dusun II Dewa Koto Tandun Kecamatan Tandun. Kedua pelaku diamankan sekitar pukul 02.30 WIB.

“Perbuatan pelaku diketahui dari informasi masyarakat ke Polsek Tandun pada pukul 18.00 WIB. Kapolsek langsung mengumpulkan anggota piket untuk bersama-sama menuju Desa Koto Tandun,” katanya, Kamis (30/8).

Sesampai di tempat kejadian perkara (TKP), petugas melihat api yang membakar tumpukan kayu dan batang kelapa sawit sudah membesar. Koordinat TKP berada di titik N. 037’51.9672″, E.10036’15.8976.

“Petugas lalu memanggil seorang pria berbakat Epet yang bertugas menjaga alat berat di sekitar lokasi kejadian. Menurut saksi, lahan itu dibakar oleh Ayar. Dilakukan penyelidikan terhadap keberadaan pelaku,” jelasnya.

Saat melakukan pemadaman api, petugas memperoleh informasi kalau Ayar berada di Tandun. Pengakuan Ayar, dirinya hanya berniat membakar Tawon yang ada di tumpukan kayu kering.

Pelaku tak menyangka kalau api membesar dan membakar lahan di sekitarnya. Tindakan itu dilakukannya atas suruhan Rambe Baling. Akhirnya, kedua pelaku lalu diamankan ke petugas dengan barang bukti satu buah kandis dan satu potong kayu yang sudah terbakar.

“Kedua pelaku lalu diamankan ke Polsek Tandun untuk penyidikan lebih lanjut. Mereka melakukan kelalaian hingga mengakibatkan lahan terbakar,” jelas Hasyim. (mtd/min)

 

 

=================================

Komentar Anda