Resmi Meluncur Tanpa Kamera Ganda, Ini Dia Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact

0
34
Xperia XZ1(Sony Mobile)

Medantoday.com, JAKARTA – Sony hingga saat ini memang belum merilis smartphone Xperia seri baru di Indonesia. Meski begitu, di luar Tanah Air, Sony masih rajin “menelurkan” Xperia baru.

Perusahaan asal Jepang itu baru saja merilis dua seri Xperia baru, yakni Xperia XZ1 dan XZ1 Compact. Keduanya merupakan seri penerus dari Xperia XZ dan X Compact yang dirilis tahun lalu.

Peningkatan utama di kedua seri ini dibandingkan seri sebelumnya adalah hadirnya chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan desain yang lebih baru.

Bicara soal desain, Sony memang sedikit mengubah tampilan Xperia XZ1 dibandingkan sebelumnya. Kini, perangkat flagship Sony ini memiliki bodi yang secara keseluruhan berbalutkan metal.

Sayangnya, desainnya masih mengecewakan. Sony belum menggunakan desain premium saat ini, yakni nyaris tanpa bezel, seperti yang diaplikasikan Samsung di Galaxy S8 dan LG di G6.

Pengguna Sony Xperia XZ1 masih akan menemukan bezel tebal di bagian atas dan bawah perangkat.

Sementara itu, tidak seperti Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact masih menggunakan bahan fiber glass dan juga plastik.

Keduanya juga tidak hadir dengan konfigurasi kamera ganda, seperti yang telah banyak dipakai di smartphone flagship lainnya. Sony lebih memilih menggunakan sistem kamera Motion Eye yang hadir di Xperia XZ.

Sistem kamera tersebut memiliki sensor 19 megapiksel dengan kemampuan Predictive Capture. Fitur tersebut mengizinkan kamera untuk mengambil gambar sebelum pengguna memencet shutter untuk meminimalisir kehilangan momen.

Bagian belakang Xperia XZ1(Sony Mobile)

Sebagai tambahan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (4/9/2017), kamera itu dapat mengambil video super slow motion resolusi 720p berkecepatan 960 fps. Kamera Xperia XZ1 dan XZ1 Compact pun dapat mengambil video resolusi 4K.

Adapun Xperia XZ1 memiliki kamera depan 13 megapiksel, sedangkan Xperia XZ1 Compact hadir dengan kamera depan super-wide, 8 megapiksel.

Xperia XZ1 memiliki layar 5,2 inci dengan kualitas Full HD dan kemampuan HDR. Sedangkan Xperia XZ1 Compact memiliki layar 4,6 inci dengan kualitas HD. Keduanya sudah dilindungi Gorilla Glass 5 dan sertifikasi IP68.

Spesifikasi lainnya terdiri dari chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan baterai 2.700 mAh. Xperia XZ1 memiliki media penyimpanan 64 GB sementara Xperia XZ1 Compact hadir dengan penyimpanan 32 GB.

Xperia XZ1 dan XZ1 Compact sama-sama menjalankan sistem operasi Android 8.0 “Oreo”. Keduanya menjadi salah satu perangkat pertama yang hadir di pasar dengan OS baru Google tersebut.

Xperia XZ1 bakal dijual dengan harga 700 dollar AS (Rp 9,3 juta). Sementara itu, Xperia XZ1 Compact dibanderol 600 dollar AS (Rp 8 juta). Masih belum diketahui, apakah keduanya bakal masuk Indonesia atau tidak.

(medantoday.com)

Sumber

Komentar Anda