Ilustrasi smartphone(Shutterstock)
Ilustrasi smartphone(Shutterstock)

medanToday.com – Menjelang akhir tahun, Google merilis daftar pencarian terpopuler di Indonesia bertajuk “Year in Search 2017”.

Ada beragam kategori penelusuran, mulai dari tokoh yang paling banyak dicari, peristiwa nasional, selebriti, lagu, hingga resep makanan.

Selain itu, ada juga kategori lain berupa 10 smartphone terpopuler yang paling banyak menimbulkan rasa penasaran para netizen Tanah Air.

Perangkat-perangkat tersebut berasal dari berbagai merek dan kelas. Tak hanya ponsel high-end yang mentereng dan berbanderol selangit, ada juga sejumlah model kelas menengah yang banyak dicari informasinya.

Apa saja? Simak daftar yang dirangkum KompasTekno dari keterangan Google berikut ini.

1. iPhone X

Kemunculan iPhone X banyak dinanti lantaran mengusung desain yang benar-benar berbeda dari iPhone terdahulu, termasuk layar bezel-less dan teknologi pemindai wajah Face ID. Perangkat yang menandai 10 tahun kiprah iPhone di pasaran ini diperkenalkan pada September, tapi baru mulai dijual pada 3 November 2017.

Di Indonesia, iPhone X akan dipasarkan pada 22 Desember mendatang, bersama dengan duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Harganya belum diungkap. Sebagai pembanding, di pasaran internasional, iPhone X dibanderol mulai 999 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta.

2. Oppo A37

Di urutan kedua ada A37 dari Oppo. Ponsel pintar kelas menengah yang dibanderol dengan harga bersahabat ini sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak pertengahan tahun lalu.

Bersama dengan saudaranya, F3, Oppo A37 sukses mengantarkan Oppo meraih predikat pabrikan smartphone terbesar kedua di Indonesia pada kuartal III-2017.

3. Nokia 6

Pasaran smartphone 2017 diramaikan Nokia yang melakukan comeback di awal tahun dengan meluncurkan tiga ponsel pintar sekaligus, yakni Nokia 3, 5, dan 6. Ketiganya kini telah resmi hadir di pasaran Indonesia.

Nokai 6 merupakan model teratas di antara ketiga smartphone perdana Nokia. Harganya pun paling tinggi, yakni di kisaran Rp 3 juta.

4. Vivo V5

Selain Oppo, pabrikan asal China lainnya, Vivo, juga masuk dalam daftar pencarian smartphone terpopuler di Indonesia. Duduk di urutan keempat, Vivo V5 hadir di Indonesia pada November 2016.

Smartphone yang dibanderol di kisaran Rp 3 juta pada saat peluncurannya ini memiliki fitur andalan berupa kamera selfie 20 megapiksel.

5. Samsung Galaxy S8

Sedikit berbeda dengan para pendahulunya yang biasa nongol di ajang MWC pada Februari setiap tahun, Samsung Galaxy S8 diluncurkan pada Maret di New York, Amerika Serikat, dan masuk Indonesia pada Mei 2017.

Galaxy S8 menandai kiprah perdana layar bezel-less “infinity display” besutan Samsung yang juga digunakan di kembarannya, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8 yang meluncur belakangan.

6. Samsung Galaxy J7 Pro

Ponsel kedua Samsung yang muncul dalam daftar pencarian smartphone terpopuler di Indonesia adalah Galaxy J7 Pro yang diluncurkan berbarengan dengan Galaxu S5 Pro pada pertengahan 2017.

Galaxy S7 Pro yang duduk di papan tengah dengan kisaran banderol Rp 3 juta ini menyasar kalangan pengguna penggemar vlogging dengan fitur andalan kamera depan berbukaan selebar f/1.9.

7. Oppo A57

Ponsel Oppo kembali muncul dalam daftar pencarian smartphone terpopuler dengan A57. Penerus dari model A39 ini meluncur pada April 2017 dengan banderol harga Rp 3 jutaan.

Seperti model-model smartphone lainnya dari Oppo, fitur andalan A57 adalah kamera selfie (swafoto) dengan resolusi 16 megapiksel yang bertengger di bagian depan.

8. Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi masuk dalam daftar pencarian smartphone terpopuler di Indonesia melalui Redmi 4A, ponsel low-end yang meluncur pada awal tahun 2017 dengan banderol Rp 1 jutaan.

Redmi 4A sekaligus menandai kembalinya Xiaomi di pasaran Tanah Air dengan merilis ponsel 4G setelah sempat vakum lebih dari setahun. Xiaomi kini masuk lima besar pabrikan smartphone Indonesia, menurut data IDC pada kuartal III-2017.

9. iPhone 8

Kendati kalah pamor dari iPhone X yang diperkenalkan berbarengan, iPhone 8 tetap mendapat tempat di hati para penggemar gadget Tanah Air. Terbukti, namanya muncul dalam daftar pencarian terpopuler.

Penerus langsung iPhone 7 ini dibekali chip A11 Bionic yang sama dengan milik iPhone X. Hanya saja, desain fisiknya relatif tak berubah dibanding model-model iPhone terdahulu.

10. Oppo F3

Satu lagi smartphone dari Oppo memungkasi daftar smartphone yang paling banyak dicari orang Indonesia. Oppo F3 merupakan “adik” dari ponsel yang dirilis lebih dulu, F3 Plus. Banderol harganya pun lebih murah di kisaran 4 juta.

Oppo F3 memiliki keunikan dari segi kamera depan yang berjumlah dua buah. Satu kamera memiliki sudut pandang normal untuk selfie seorang diri, lainnya punya perspektif wide angle untuk group selfie.

(mtd/min)

Komentar Anda