Erupsi Gunung Sinabung pada 01 November 2016. Foto : Facebook Pelin Depari

medantoday.com, KARO – Setelah meletus jelang akhir tahun Selasa (26/12/2017) siang, Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara kembali meletus dengan meluncurkan awan panas dan debu pukul 11.31 WIB dengan tinggi kolom abu 2.000 meter, Rabu (3/1/2018).

Arah letusan awan panas dan debu kali ini menuju timur dan timur laut Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo.

“Arah angin mengarah ke kecamatan simpang empat dan kecamatan Naman teran, saat ini kami sedang tinjau ke lokasi,” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin.

Ia menjelaskan saat ini petugas BPBD bersama Polsek Simpang Empat, Polres Karo melakukan pembagian masker dan membersihkan pohon yang menghalangi plang zona merah.

“Saat ini kita sedang membagikan masker kepada masyarat yang terkena paparan abu. Dan juga membersihkan pohon-pohon yang menghalangi plang dilarang masuk ke zona merah yang mulai tertutupi,” terangnya.

Ia mengimbau warga agar tidak memasuki daerah yang saat ini terkena paparan erupsi.

“Menghimbau warga agar tidak masuk ke zona merah ini dan sekaligus mengecek rumah kosong yang ditinggalkan para pengungsi,” pungkasnya.(mtd/min)

========================================================

Komentar Anda