medanToday.com,MEDAN – Pada sesi kedua Debat Publik kedua Pilgubsu 2018 di Hotel Adimulia, Medan, Sabtu (12/5/2018). Pasangan calon nomor urut 1, Edy Rahmayadi, ditanya soal konsepnya membangun pendidikan Sumatera Utara yang notabene nilai APBD Sumut di sektor pendidikan ini masih kecil.

“Bagaimana strategi Anda untuk membangun pendidikan Sumut dengan anggaran yang kecil di APBD. Bahkan, pada 2016, hanya 2,5% dari APBD,” kata penanya dari Metro TV.

Edy pun menjawab tegas. “Bagi kami, pastikan dulu programnya, baru dipastikan penyerapan anggarannya. Kami melihat anggaran yang ada di APBD Sumut kecil memang, tapi penyerapannya belum maksimal. Maka itu, kita pastikan dulu penyerapannya maksimal,” kata Edy Rahmayadi.

Pendidikan kata Edy, bukan hanya pendidikan formal, tapi juga non formal dan life learning.

“Ini menanamkan budi pekerti bagi anak-anak Sumatera Utara. Ilmu itu benar. Persepsi kita harus disamakan dulu untuk anak-anak Sumatera Utara,” kata Edy.

Menanggapi hal ini, pasangan calon nomor urut 2, lewat Calon Wagubsu Sihar Sitorus, menyebut Edy melupakan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

“Pak Edy sepertinya melupakan dana BOS. Padahal itu ada untuk pendidikan. Kalau itu dimanfaatkan, tentu sangat baik sekali untuk pendidikan Sumut,” ujarnya.(mtd/min)

=================

Komentar Anda