medanToday.com,PEMATANGSIANTAR – Taman Kota yang merupakan ruang publik di Pematangsiantar,Sumut , dipadati oleh ratusan pedagang dadakan pada libur awal tahun baru, Senin (2/1/2017).

Pedagang berbagai jenis makanan, minuman, aksesoris, pakaian, mainan anak-anak dan menyediakan permainan seperti odong-odong berjualan di dalam lokasi yang dulu dikenal sebagai Taman Bunga.

Sebagian dari para pedagang memasang tenda-tenda untuk menutup bagian atas tempat jualan, dan menggelar tikar di hamparan rerumputan taman untuk tempat duduk pembeli.

Para pedagang bebas berjualan dan memilih lokasi jualan di sembarang dengan membayar sejumlah Rp5.000 per hari untuk uang kebersihan. Keramaian ruang publik di hari-hari libur nasional dan keagamaan itu juga dimanfaatkan para penjual obat jalanan, dan pengelola seni budaya Kuda Lumping.

Penjual obat mengadakan atraksi yang menarik perhatian pengunjung dalam mempromosikan khasiat obatnya, sedangkan pemain Kuda Lumping berharap sumbangan di akhir pertunjukan.

Para pengunjung yang umumnya dari Kabupaten Simalungun mengaku singgah di Taman Kota untuk mengisi waktu istirahat dan menikmati makanan atau minuman serta atraksi yang ada.

“Letaknya pas (tepat) di tengah kota yang menjadi lintasan berbagai bus (angkutan umum),” kata Kamal (35), warga Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.(mtd/min/okezone)

================

Komentar Anda