medanToday.com,MEDAN – Jumlah satwa di Kebun Binatang Medan (Medan Zoo) kian bertambah setelah dua Harimau Benggala lahir pada Kamis (12/7) lalu.

Hewan bernama latin Panthera Tigris-Tigris itu lahir dengan proses normal sekitar pukul 04.00 WIB. Kini, dua anak Harimau Benggala diletakkan dalam kandang khusus bersama sang induk.

Sucitrawan yang merupakan dokter hewan Medan Zoo mengatakan bahwa dua Harimau Benggala yang lahir adalah buah perkawinan dari pejantan bernama Avatar dan Wesa sang betina. Medan Zoo sudah menunggu proses kelahiran selama anak harimau itu di dalam rahim selama 115 hari.

“Kami belum bisa mengidentifikasi jenis kelaminnya. Karena kalau nanti anaknya di pegang, induknya tidak mau menyusui,” kata Sucitrawan kepada wartawan, Kamis (25/7).

Pihak Medan Zoo juga belum memikirkan nama untuk kedua bayi harimau yang baru lahir. Mereka masih akan urun rembug terkait pemberian nama.

Sucitrawan juga menerangkan dengan kelahiran dua anakan, jumlah Harimau Benggala di Medan Zoo kini bertambah menjadi tujuh ekor.

Kedua Harimau Benggala yang baru lahir diperkirakan berbobot 1 kilogram. Dari hasil dokumentasi Medan Zoo, keduanya memiliki warna yang berbeda. Yakni, berwarna kuning dan putih.

“Sampai saat ini tidak ada perlakuan khusus yang diberikan kepada dua anak Harimau Benggala itu, kami ingin keduanya berkembang secara alami,” tambah Sucitrawan.

Biasanya, tambah Sucitrawan, seekor Harimau Benggala dewasa menghabiskan 6 kilogram daging segar per hari. Untuk Wesa yang baru melahirkan, Medan Zoo menambah daging sebanyak 2 kilogram dan vitamin.

“Hanya ada tambahan makanan dan vitamin untuk induknya. Karena dia menyusui,” tandasnya.(mtd/min)

==============

Komentar Anda