medanToday.com, MEDAN – PLN Wilayah Sumut pastikan pelanggan setia PLN bisa menikmati Natal dan Tahun Baru dengan kondisi listrik aman.

Hal ini dilakukan dengan menggelar program Gerakan Pastikan Listrik Handal untuk Xmas dan New Year atau disingkat GALAXY.

Program ini merupakan program peningkatan kehandalan yang dilakukan jauh sebelum Hari Raya Natal dan Tahun Baru tiba, yaitu dengan melakukan inspeksi total penyulang sekaligus menggunakan Thermovision (Foto Suhu) untuk setiap titik Jaringan Tegangan Menengah.

Hasil inspeksi kemudian dilakukan pemeliharaan preventif berupa penggantian pin isolator, pemasangan tekep, dan jika diperlukan dilakukan pemecahan beban atau penyisipan trafo.

Sampai dengan Desember ini hanya untuk kota Medan saja sudah tercatat lebih dari 300 tindakan penyisipan trafo baru.

Tindakan preventif lainnya adalah konsistensi melakukan perintisan pohon yang didukung juga dari pihak eksternal dalam hal ini Dinas Pertamanan Pemko Medan.

Dari hasil data evaluasi, Area Medan telah berhasil menurunkan gangguan yang disebabkan oleh pohon sebesar 49,56%.

Selain itu, penyulang-penyulang dengan beban yang cukup tinggi juga dilakukan pemecahan beban, di mana saat ini sudah dilakukan 11 pemecahan/penambahan penyulang baru sepanjang tahun 2017 ini.

Manajer PLN Area Medan Agus Trisusanto mengatakan bahwa untuk sumber daya manusia, telah disiapkan sebanyak 18 regu pelayanan teknik yang bekerja secara shift 24 jam non stop untuk melayani pelanggan yang mengalami gangguan listrik dan ditambah 2 regu tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).

“Sampai saat ini total pekerja yang dilibatkan dalam kehandalan ini khusus untuk Area Medan saja sejumlah 247 Orang petugas.” Jelas Agus, Sabtu (23/12).

Agus juga menambahkan bahwa PLN Area Medan juga gencar melakukan pemasaran Listrik Prabayar dimana saat ini jumlah penambahan pelanggan Prabayar dan yang melakukan migrasi dari Pascabayar ke Prabayar mencapai 25.000 pelanggan.

Migrasi massal pelanggan Listrik Pintar atau Pra Bayar ini dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh listrik prabayar antara lain : tidak adanya biaya beban listrik bulanan ataupun minimal pemakaian kwh, terhindar dari sanksi pemutusan dan biaya keterlambatan, privasi lebih terjamin karena tidak ada kunjungan pencatat meter setiap bulannya dan pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listriknya karena sisa kwh selalu tercantum di kwh Meter. KWH Meter pra bayar juga dilengkapi dengan LCD yang cukup informative dimana pelanggan juga dapat mengetahui beban saat itu dan juga tegangan yang mengalir ke rumah pelanggan tersebut.

Harapan dari PLN Area Medan, semoga cuaca cukup mendukung saat perayaan Natal dan penyambutan Tahun Baru sehingga pasokan listrik di Kota Medan khususnya dapat menjadi lebih handal.

(bwo/mtd)