medanToday.com,MEDAN – Kapal tertua yang dimiliki Indonesia bernama Dewaruci akhirnya sampai di Pelabuhan Bandar Deli, Belawan Sumatera Utara, Rabu (6/12/2017). Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, 6 sampai 7 Desember 2017.

Pantauan medanToday.com Sekitar pukul 10:30 WIB Kapal Latih Akademi Angkatan Laut sekaligus kapal layar terbesar yang dimiliki oleh TNI angkatan Laut berlabuh, yang di pimpin oleh Komandan KRI Dewaruci atas nama Letkol Laut Pelaut Hardian Rahmadi.

Sebagai TNI angkatan laut (Korps Pelaut) Dewarucci, Joko Sutrisno mengatakan kedatangan kapal Dewaruci sebagai ajang memperkenalkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) kepada masyarakat.

“Terkhususnya juga tujuan utamanya untuk kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya,” tutur Joko kepada¬† medanToday.com di atas Kapal Dewaruci, Pelabuhan Bandar Deli, Belawan, Rabu (6/12/2017).

Selain itu, saat ditanya jumlah awak kapal, Joko enggan mengatakan berapa banyak anak buah kapal (ABK) yang ikut dalam perjalanan ini.

“Karena memang itu tidak boleh disebutkan berapa jumlahnya,” ucapnya.

Kapal tertua yang sebentar lagi akan pensiun melaut ini kini sudah berumur sekitar 64 tahun. Dan akan digantikan oleh Kapal Bima Suci yang ukurannya lebih besar dari Kapal Dewaruci.

Kedatangan kapal terbesar yang diberi nama dari pewayangan Jawa ini disambut antusias dan meriah msyarakat, mulai dari Anak Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), mahasiswa, remaja maupun orang dewasa.

Acara yang digelar PT Pelindo I dan Pustaka Terapung dipadati sejumlah masyarakat yang ingin naik di Awak Kapal Dewaruci untuk melihat isinya dan sebagian berfoto-foto.

“Memang disini kita juga sengaja mempeekenalkan kepada masyarakat tentang sejarah dan melihat langsung kapal Dewaruci ini,” katanya lagi. (Mtd/STi)

==============

Komentar Anda