Jokowi-Jusuf Kalla. Merdeka.com

medanToday.com,PURWOREJO – Presiden Jokowi meminta agar semua pihak menjaga Papua tetap aman dan damai. Jokowi juga berencana menemui para kepala suku dan tokoh Papua.

“Kita sudah berusaha tetapi waktunya saja yang, sebenarnya minggu ini kita akan bertemu kita rencanakan tetapi masih belum memungkinkan,” kata Jokowi di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

Karena itu, pertemuan bakal dijadwal ulang. Jokowi mengatakan akan segera menemui para tokoh dan kepala suku di Papua.

“Sehingga akan kita lakukan dalam waktu yang secepat-cepatnya untuk bisa bertemu dengan baik tokoh muda baik tokoh adat baik tokoh masyarakat dan tokoh agama,” ujarnya.

Jokowi juga meminta masyarakat di Papua tidak merusak fasilitas yang ada di sana. Fasilitas-fasilitas itu disebut Jokowi dibangun bersama.

“Tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis karena kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama menjadi rusak atau dirusak,” ucap Jokowi.

Seperti diketahui, hari ini demo yang berujung kerusuhan terjadi di Jayapura. Sejumlah lokasi dibakar massa, seperti Polsek Jayapura Selatan dan pertokoan PTC di Jayapura Selatan. Selain itu, massa membobol dan merusak Lapas Abepura. Masyarakat pun mengungsi.(mtd/min)

====================

Komentar Anda