Dinas Kesehatan Sumut saat menggelar pemeriksaan kesehatan gratis jelang HKN. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut mengkampanyekan protokol kesehatan (Prokes) dan menggelar kegiatan pelayanan kesehatan di Lapangan Merdeka Medan, jelang peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Minggu (8/11).

“Mulai Sabtu kemarin kita sudah kampanye Prokes 3 M, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan ke masyarakat di lima titik di Kota Medan dan membagikan 15 ribu masker,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah.

Selain itu, kata Haris, mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga di sekitaran lapangan merdeka. Seperti Rapid Test, pemeriksaan darah, tensi dan lainnya. Kemudian pembagian vitamin, obat gratis dan kaca mata baca untuk kalangan yang membutuhkan.

“Tadi kita awali dengan senam pagi bersama. Senin dan Selasa kita live di tv melakukan talk show terkait Hari Kesehatan Nasional dengan beberapa narasumber. Puncaknya dilakukan secara virtual pada Kamis di rumah dinas gubernur,” ucapnya.

Saat acara, kata Aris, dari pukul 06.00 sampai dengan 11.00 Wib, sudah ribuan warga datang menghampiri pos-pos pelayanan kesehatan yang telah disediakan. Sedangkan penutupannya hari ini akan disesuaikan bila masyarakat sudah sepi.

“Mulai pagi antusiasme warga begitu besar untuk menyemarakkan kegiatan hari ini. Harapannya sesuai dengan tema yaitu satukan tekad menuju Indonesia sehat. Kita harus bersatu bersama masyarakat untuk mewujudkannya,” pungkasnya. (mtd/min)

Komentar Anda