Beranda Nasional Fadli Zon Koleksi 1.000 Keris Nusantara Sejak 20 Tahun

Fadli Zon Koleksi 1.000 Keris Nusantara Sejak 20 Tahun

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat meninjau keris yang dipamerkan dalam pembukaan Festival Keris 2017 di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2017).(KOMPAS.com/Labib Zamani)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat meninjau keris yang dipamerkan dalam pembukaan Festival Keris 2017 di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2017).(KOMPAS.com/Labib Zamani)

medanToday.com, SOLO – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon merupakan sosok yang mempunyai hobi mengoleksi keris nusantara.

Dia mengaku, saat ini telah memiliki sekitar 1.000 keris nusantara yang disimpan di perpustakaan miliknya.

Keris-keris tersebut dia koleksi sejak 20 tahun lalu atau sekitar tahun 1998, sebelum dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Menurut Fadli Zon, keris koleksinya tersebut berasal dari berbagai macam tangguh (era pembuatan). Dari tangguh Kediri, Singosari, Mataram dan lainnya.

“Keris paling tua koleksi saya itu mungkin umurnya sekitar 1.000 tahun tangguh Kediri,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) seusai membuka Festival Keris 2017 di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2017).

Meskipun memiliki banyak koleksi keris nusantara, Fadli Zon mengaku telah melaporkan harta kekayaannya tersebut melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Saya laporkan waktu belinya. Waktu diawal dulu. Tapi kan saya mengoleksi keris nusantara ini sudah lama. Saya jauh-jauh sebelum menjadi anggota DPR RI,” ungkap politisi Partai Gerindra.

“Untuk perawatan saya dibantu juga sama kawan-kawan untuk menjamas (mencuci) dan warangi (memandikan) keris,” tambahnya.

Lebih jauh, Fadli Zon mengungkapkan, kurator keris di Indonesia jumlahnya masih sedikit. Sehingga dirinya berharap Kampus ISI Solo mampu melahirkan kurator-kurator yang bisa menilai keris.

Mulai dari sisi keindahan, bentuk, keutuhan dan sebagainya. Baik keris baru maupun lama.

(mtd/min) 

Komentar Anda