Gempa Guncang NTB, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak

Gempa NTB. Dokumen BNPB

medanToday.com, NTB – Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang NTB. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan gempa tersebut menyebabkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Kerusakan terjadi di Kabupaten Lombok Timur tepatnya di Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun (masih dalam assessment). Kabupaten Lombok Utara tepatnya di Kecamatan Bayan. Kabupaten Sumbawa Barat dilaporkan satu unit rumah roboh tepatnya di Desa Tepas Sepakat Kecamatan Brang Rea.

“Lombok Timur gempa dirasakan kuat sekali selama kurang lebih 10 Detik, warga sempat panik keluar rumah. BPBD Lombok Timur masih melakukan monitoring di sekitar wilayah terkait gempa tersebut,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB melalui keterangan tertulis, Minggu (29/7).

Selain itu, gempa menimbulkan kepanikan bagi warga di Kabupaten Lombok Utara. Hal yang sama juga terjadi di Kota Mataram. Saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) tengah berpatroli di lokasi.

Gempa juga menyebabkan untuk sementara pendakian Gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu di sekitar gunung.

BNPB memastikan gempa ini tak berpotensi tsunami. Gempa terjadi sekitar pukul 05.47 WIB. Gempa juga mengguncang Pulau Bali. (mtd/min)

 

 

=========================

Komentar Anda