Hasil Seleksi, Sisa 5 Nama Calon Pengganti Dirdik KPK

Gedung KPK. merdeka.com

medanToday.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengantongi lima nama calon pengganti Direktur Penyidikan (Dirdik) Brigjen Aris Budiman. Lima nama tersebut sudah dinyatakan lolos seleksi tahap awal yang dilakukan lembaga antirasuah.

“Calon direktur penyidikan sampai tahap wawancara total 5 orang, 3 dari Polri, 1 Kejaksaan dan 1 internal KPK,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (1/8).

Kelima calon dirdik tersebut yakni Kepala Subdit I Dittipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan Kombes Yudhiawan Wibisono.

Kemudian Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes RZ Panca Putra, Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Balitbang Kejaksaan Agung Yudi Kristiana.

Namun sayang Febri belum mengungkap satu nama dari internal KPK yang ikut lolos seleksi. Berdasarkan informasi, internal KPK yang mendaftar yakni Budi Sukmo.

Febri mengatakan, kelima orang tersebut sudah melalui beberapa tahapan dalam tes calon dirdik KPK. Yakni seleksi administrasi, tes potensi, asesmen kompetensi atau bahasa Inggris serta tes kesehatan.”Tes dilakukan sejak akhir Mei 2018,” kata Febri.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya masih menunggu data Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menentukan satu dari lima nama tersebut.

“Kami meminta data pada PPATK. Mengenai kemungkinan kalau ada transaksi yang tidak benar terhadap masing-masing calon. Dari situ kita baru akan menentukan,” ujar Agus.

Selain menunggu data dari PPATK, pihak lembaga antirasuah juga masih melakukan kajian atas rekam jejak kelima calon terpilih. Agus berharap, pengganti Aris Budiman nantinya adalah pihak yang kompeten dalam memberantas tindak pidana korupsi.

“Sekarang harapannya itu kan setelah kita menerima data dari PPATK, background check dari direktorat penyelidikan, kita akan segera menentukan. Enggak lama lagi,” kata dia.

Sebelumnya, KPK juga sudah menyeleksi beberapa calon dirdik pengganti Aris Budiman. Namun para calon dinyatakan tak kompeten usai melakukan sesi wawancara dengan pimpinan KPK.

Sedangkan kelima orang tersebut di atas sudah lolos seleksi tes wawancara dengan pimpinan KPK. “Setelah ini, pimpinan KPK akan mempertimbangkan dan membahas bersama siapa kandidat yang tepat dengan memperhatikan rekam jejak masing-masing calon,” kata dia. (mtd/min)

======================

Komentar Anda