Sejumlah warga menyaksikan foto foto karya Pewarta Foto Indonesia-Medan yang dipamerkan di Merdeka Walk,Medan,Jumat (13/3).Dok PFI-Medan

medanToday.com,MEDAN – PFI Medan selalu memberikan kejutan di setiap acara yang digelarnya. Pada puncak acara Hari Ulang Tahun Ke-16, PFI memajang foto karya anggotanya hingga peserta lomba Street Fotografi, Jumat (13/3).

Foto-foto berkelas nasional dan internasional itu dipajang di trotoar depan Merdeka Walk, Medan sejak siang. Semua foto yang dipamerkan merupakan karya anggota PFI Medan selama 16 tahun terakhir.

Tak ayal begitu memasuki pintu masuk Merdeka Merdeka Walk, ragam karya foto jurnalistik, mulai dari spot news, general news, people in news, human interest, potret, foto story’ dan lainnya tampak dipajang rapi.

Karya foto yang dipamerkan pada umumnya juga banyak mewarnai media nasional maupun internasional yang menampilkan lini massa peristiwa penting di Sumatera Utara, yang jadi perhatian dunia.

Semuanya dinarasikan dengan apik dalam bingkai visual dan angel yang menarik. Sebut saja karya, Roni Bintang, yang berjudul Hercules Attack. Dalam fotonya, Roni menampilkan visual pesawat Hercules yang hancur lebur saat terjatuh di kawasan Jalan Jamin Ginting, Kota Medan pada 2015.

Tampak dalam gambar, pesawat Hercules yang hanya menyisakan ekor yang dikerumuni ratusan masyarakat.

Karya foto bencana, juga diabadikan dalam pameran itu, seperti karya Sutanta Aditya,
bertemakan erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo, 1 Februari 2014.

Adit, sapaan akrabnya, mengbadikan peristiwa bencana itu, lewat sosok wanita Karo bernama Junita Sitepu, yang tampak begitu panik saat Sinabung Erupsi.

Selain, bencana alam, foto yang dipamerkan juga banyak menyoroti isu lingkungan.
Seperti foto berjudul ‘Matinya Ikan di Kerambah’ karya Albert Ivan Damanik.

Di materi fotonya, Albert, menampilkan ratusan ikan di Danau Toba, yang mati keracunan. Tampak bayangan siluet seorang pekerja, memunguti ikan nila yang mati keracunan.

Tidak hanya sampai di situ, ragam karya foto jenis lainnya, juga banyak angle foto yang menarik.

Pajangan foto yang dipamerkan mampu menyedot perhatian masyarakat dan pengunjung, satu persatu dari mereka tampak antusias melihat foto lebih dekat.

“Foto yang dipamerkan, angelnya menarik dan memiliki pesan yang kuat,” ujar Raisa Utami, salah seorang pengunjung.

Ketua panitia, Prayugo Utomo, mengatakan, acara yang digelar hari, merupakan acara puncak di HUT PFI ke 16 yang sudah digelar sejak Minggu (8/3).

Mulai dari lomba foto, seminar multimedia yang dibawakan pewarta foto Kompas Eddy Hasby. “Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan, donor darah, pameran foto, pengumuman lomba foto HUT PFI, hingga penganugerahan foto kepada anggota PFI,” ujar Yugo.

Yugo juga bersyukur, donor darah yang digelar sejak siang hingga petang bisa mengumpulkan lebih dari 40 kantong darah. Kegiatan donor darah itu bekerjasama dengan Yayasan Onkologi Anak Medan YOAM, RSUP H Adam Malik.

“Kita juga sempat membagikan masker bagi pengendara sepeda motor di Jalan Balai Kota. Kegiatan bagi masker berkolaborasi dengan XL Axiata.

Terpisah, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, mengatakan acara ini sengaja digelar, untuk memperkuat tali silaturahmi, antar anggota PFI dan komunitas fotografer di Kota Medan.

“Harapan saya semoga ke depan, para pewarta foto, khususnya Kota Medan, semakin bersemangat dan kreatif dalam menyajikan informasi lewat karya fotografi berbagai peristiwa,” ujar Rahmad.

Rahmad pun mengapresiasi dukungan para sponsor yang banyak berkontribusi hingga acara puncak. Muli dari PT Pelindo I (Persero), Agincourt Resources, Pemko Medan, Dinas Pariwsiata Kota Medan, Pemprov Sumut, Inalum, Pertamina, XL Axiata, Garuda Food, MedanCam, UMSU, Bijik Kopi, BNI Syariah, Klayapan.com dan banyak lainnya.(mtd/min)

======================

Komentar Anda