Seorang petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitaran ruang isolasi RSUP Adam Malik, Medan, Rabu (18/3). Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Virus Corona atau COVID-19 terus meluas persebarannya. Yang teranyar ada dua orang di Indonesia yang disebut positif Corona.

Upaya pencegahan terus dilakukan. Masyarakat di ajak agar tidak panik terhadap Corona. Di Sumatera Utara, upaya pencegahan juga dilakukan. Berbagai pintu masuk menuju Sumut diawasi. Termasuk membuka layanan telepon atau call centre.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Hasibuan mengatakan layanan ini digunakan untuk melayani masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait COVID-19.

Nomor kontak yang bisa dihubungi adalah 0821-6490-2482. “Masyarakat bisa bertanya informasi gejala dan rumah sakit rujukan bila terindikasi mengalami gejala virus Corona,” katanya, Kamis (5/3).

Lantas wartawan pun mencoba menghubungi call centre itu. Dalam waktu sekejap, telepon langsung diangkat. Ada seorang petugas diujung telepon yang menanyai identitas.

Ketika ditanyai seputar COVID-19, petugas itu memberikan penjelasan hingga cara penanganan jika gejala sudah terlihat.

“Yang jadi prioritas adalah call center hari ini harus sudah diaktifkan. Kalau call center ini kami harapkan bisa segera, supaya bisa membantu mengurangi kekhawatiran masyarakat,” ujarnya.

Sejauh ini belum ada kasus COVID-19 yang terdata di Sumut. Alwi mengatakan, jika pihaknya sudah membentuk tim masing-masing di 33 kabupaten/kota.

“Antisipasi juga makin diperketat di sejumlah jalur masuk dan keluar seperti bandara melalui alat thermal scan, health alert card (HAC) dan ruang observasi khusus,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengimbau masyarakat untuk tidak panik. Bila mendapatkan informasi, lebih baik mencari tahu kebenarannya lebih dulu daripada mengakibatkan kepanikan.

“Kita sudah siapkan agar rumah sakit rujukan mempersiapkan ruangan-ruangan apabila ada masyarakat yang terjangkit virus corona,” terangnya.(mtd/min)

===================

Komentar Anda