Jokowi: Terima kasih Atas Bantuan Malaysia Untuk Gempa Lombok & Sulteng

Jokowi terima kunjungan Wan Azizah Wan Ismail. Merdeka.com

medanToday.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10). Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Malaysia. Negeri Jiran itu disebut telah memberikan bantuan untuk korban gempa Lombok dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Terima kasih atas bantuan Malaysia ke Indonesia untuk gempa Lombok dan Sulawesi,” ucap Jokowi.

Gempa bumi mengguncang Lombok, NTB beberapa bulan lalu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat, 560 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. 1.469 Orang mengalami luka-luka, dan 396.032 orang mengungsi.

Usai bencana Lombok, gempa yang disusul tsunami kini menimpa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Akibatnya sebanyak 1.948 orang meninggal dunia.

Sementara korban luka berat mencapai 2.549 orang yang saat ini dirawat di rumah sakit. Tidak tertutup kemungkinan jumlah korban meninggal terus bertambah mengingat proses evakuasi masih terus berlangsung.

Kedatangan Wan Azizah ke Indonesia ini merupakan pertama kali setelah ditunjuk sebagai wakil perdana menteri Malaysia, pada 21 Mei 2018. Selain bertemu Jokowi, Wan Azizah juga akan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dia juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Susana Yembise. Wan Azizah juga akan mengunjungi Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan pada Penanggulangan Bencana (AHA Centre).

Selanjutnya, Wan Azizah akan mengadakan pertemuan dengan para pimpinan industri di Indonesia dan warga negara Malaysia di Jakarta. (mtd/min)

 

 

 

==========================

 

 

 

Komentar Anda