Petugas medis penanganan COVID-19 mengenakan baju Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di ruang isolasi Rumah Sakit rujukan khusus pasien COVID-19 Martha Friska di Medan. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

medanToday.com,MEDAN – Warga Sumatera Utara (Sumut) yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 sudah mencapai 36 orang pada Jumat (3/4). Jumlah itu mengalami kenaikan dari sehari sebelumnya yang masih 30.

“Dari 36 orang yang positif itu, tiga di antaranya meninggal dunia,” kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut, Mayor KES dr Whiko Irwan.

Dia menjelaskan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini ada 95 orang. Mereka masih menjalani perawatan. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 2.969 jiwa.

“Dalam penanganan Covid-19 ini, Pemprov Sumut telah menunjuk 5 rumah sakit rujukan utama antara lain RSUP H Adam Malik Medan, RSUD Kabanjahe, RSUD Djasamen Saragih, RSUD Tarutung dan RSUD Padangsidimpuan,” paparnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan PDP dan ODP, Pemprov Sumut telah menunjuk Rumah Sakit (RS) GL Tobing PTPN II Tanjung Morawa Deliserdang dan RS Martha Friska II di Jalan Multatuli Medan.

“Dua rumah sakit tersebut sudah beroperasi. Saat ini kita juga tengah mempersiapkan rumah sakit lainnya sebagai rujukan antara lain RS Martha Friska 1, Diklat BPSDM Prov Sumut, Wisma Atlet Pancing, Lion Club, RS Sari Mutiara dan Diklat LPMP, Asrama Haji,” pungkasnya.

Kemudian ada 206 rumah sakit di kabupaten/kota di Sumut yang juga telah disiagakan. Menurutnya ada dua hal yang mempengaruhi lonjakan Virus Corona antara lain upaya pencegahan yang dilakukan dan adanya keramaian di masyarakat.

“Kurangnya partisipasi masyarakat dan kurang patuhnya masyarakat pada imbauan pemerintah akan meningkatkan Covid hingga dua kali lipat dalam beberapa minggu ke depan. Karena itu kami ingatkan agar tetap di rumah, tidak mendatangi tempat keramaian dan biasakan hidup bersih dan sehat,” bebernya.

============================

Komentar Anda