Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan. (Ariandi)

medanToday.com, MEDAN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan menyebut jumlah masyarakat terpapar Corona didominasi oleh orang tanpa gejala (OTG). Sehingga pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan harus dimulai dari lingkungan keluarga.

“Jumlah terpapar dengan status OTG kita hampir 80 persen. Hal ini karenakan usai orang terdekatnya terpapar, mereka baru sadar,” kata Mardohar melalui sambungan telepon, Selasa (6/10).

Gerakan penanggulangan bisa berjalan cepat bila para kontak erat yang positif segera memeriksakan diri dan menjalani rapid test atau swab. Pemerintah juga sudah mempermudah upaya penanganan dengan adanya pemeriksaan swab massal atau isolasi mandiri.

“Sehinga pencegahan dan tingkat kesembuhan pasien Corona bisa terus bertambah setiap hari,” ucapnya.

Mardohar kembali mengingatkan, edukasi di keluarga sebagai sel terkecil harus diaktifkan sejak dini. Bahkan, penerapan protokol kesehatan di keluarga harus terus dilakukan guna mengantisipasi adanya klaster baru. Kemudian mengajak masyarakat agar berperilaku hidup sehat.

“Hal lain adalah melakukan isolasi mandiri di lokasi yang layak. Kalau itu bisa, persebaran Covid-19 di Medan bisa ditanggulangi,” tegasnya. (mtd/cis)

 

 

Komentar Anda