medanToday.com,JAKARTA – Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto memastikan bahwa Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) bakal masuk menjadi salah satu anggota tim sukses Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

TGB sebelumnya telah menyatakan mendukung Joko Widodo untuk maju dalam Pilpres 2019. Ia juga telah mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrat.

“Ya, tentu saja. Beliau, kan, sudah memberikan dukungan kepada pak Jokowi. Mereka yang telah satu nafas kepemimpinan memberikan dukungan kepada pak Jokowi,” kata Hasto di Jakarta, Selasa (24/7).

TGB pada Pilpres 2014 termasuk salah satu tokoh yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Saat itu, di provinsi Nusa Tenggara Barat yang ia pimpin, Prabowo-Hatta meraih sekitar 1,8 juta suara atau jauh menggungguli pasangan Jokowi-JK yang hanya meraih 700 ribu suara.

Hasto sendiri belum mau membeberkan posisi dan tugas TGB dalam struktur tim sukses Jokowi. Ia hanya mengatakan bahwa nantinya bakal ada tokoh-tokoh yang memimpin dan bertanggung jawab untuk memenangkan Jokowi di masing-masing daerah yang ada di seluruh Indonesia.

“Kita akan ajak sama-sama dalam memimpin tim kampanye yang begitu besar, diperlukan juga tanggung jawab di daerah untuk memenangkan pak Jokowi itu,” kata Hasto.

Selain itu, Hasto berharap agar seluruh parpol pendukung Jokowi dapat menggerakan mesin partainya hingga ke daerah-daerah guna memenangkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Pilpres 2019.

“Bagaimana tiga pilar partai seluruh partai politik yang mendukung pak Jokowi bergerak serentak ke bawah. Hingga kita punya basis sama,” kata dia.

Selain mengandalkan mesin parpol, Hasto menegaskan PDIP bakal membuat tim kampanye tersendiri sebagai wadah untuk menggabungkan kekuatan mesin parpol dan para relawan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Di situlah perpaduan seluruh elemen masyarakat panduan juga parpol yg memberikan dukungan perpaduan juga para relawan,” ujar Hasto.(mtd/min)

=================

Komentar Anda