Ilustrasi (int)

medanToday.com, MEDAN – Konser musik klasik bertaraf internasional yang disebut Shanghai Philharmonic Orchestra akan digelar 17 September 2018 di Istana Koki, Medan. Penyelenggara pementasan ini, Lions Club Medan Seruni meminta izin dan dukungan kepada Wali Kota Medan.

Lions Club Medan Seruni merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan seluruh anggotanya adalah perempuan dengan berbagai latar belakang agama, etnis dan profesi.

Presiden Lions Club, Seruni Fitri Noya mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan ini, hasil penjualan tiket akan disumbangkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial seperti operasi katarak dan bibir sumbing, pemberian kursi roda maupun pembagian sembako.

“Perlu saya sampaikan, konduktor (dirigen/pemimpin orkestra) Shanghai Philharmonic Orchestra adalah anak Medan yang kini menjadi Warga Negara Jerman, namanya Norman Wijaya, dia lahir di Kota Medan. Kemudian salah satu violisnya juga anak Medan, termasuk pianisnya yakni Christine Utomo. Selain minta dukungan, kita juga sangat mengharapkan kehadiran Bapak Wali kota beserta beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tutur Fitri di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Rabu (21/2/2018).

Dalam hal ini, Dzulmi Eldin memberi dukungan atas pertunjukan musik yang akan dilakukan. Sebab akan menjadi kebanggaan karena conduktor serta violis dan pianisnya dalam orchestra tersebut merupakan anak Medan.

“Kita mendukung penuh digelarnya Shanghai Philharmonic Orchestra, sebab Kota Medan jarang menggelar orkestra yang mengusung musik klasik. Padahal musik klasik merupakan salah satu genre musik yang paling banyak digemari. Di samping itu musik klasik juga dapat mempengaruhi siapa saja yang mendengarnya,” kata Wali Kota.

Alasan Walikota mendukung acara ini juga dikatakannya bahwa musik klasik dapat membangkitkan perasaan, meningkatkan fungsi otak dan suasana hati.

“Jadi saya mengajak warga Kota Medan, terutama para penggemar musik klasik agar kiranya meluangkan waktu untuk menyaksikan pertunjukan Shanghai Phiharmonic Orchestra. Selain mengobati kerinduan akan musik klasik, tentunya sekaligus beramal. Soalnya hasil penjualan tiket akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial,” tambah Eldin.

Sementara itu, Eldin meminta Kadis Pariwisata Agus Suriono dan Kadis Kebudayaan Suherman melakukan pengamanan agar pertunjukan berjalan sukses dan lancar. Sebab Walikota yakin, tidak hanya warga Kota Medan saja yang akan menyaksikan pertunjukan orkestra dari Shanghai Cina tetapi juga warga luar Kota Medan yang merupakan pecinta musik klasik.

“Tentunya ini akan menjadi promosi wisata bagi Kota Medan,” ungkapnya. (mtd/sti)

=======

 

Komentar Anda