medanToday.com – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan, ada potensi perpecahan yang muncul akibat pelaksanaan pilkada serentak. Terbukti, ada beberapa daerah yang menunjukkan munculnya gejala disintegrasi jelang pelaksanaan pilkada.

Mestinya, lanjut Zulkifli, pilkada tidak harus merusak kebhinekaan. Karena dalam kontestasi pemilihan kepala daerah, yang diutamakan adalah program, visi dan misi calon kepala daerah.

“Bukan memecah belah persatuan dan kesatuan,” ucap Zulkifli, dalam sosialisasi Empat Pilar MPR, dihadapan civitas akademika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat, Selasa (7/2).

Zulkifli mengaku prihatin dengan maraknya pilkada yang mempersoalkan keberagaman. Sebab, menurutnya, keberagaman merupakan keniscayaan bagi bangsa Indonesia.

 

“Kita beragam, dan itu menjadi kekayaan. Keunggulan budaya lokal jadi kekayaan budaya nasional. Keunggulan kesenian lokal, juga menjadi kekeyaan seni nasional. Biarkanlah keberagaman itu tetap bertahan, yaitu keberagaman yang saling menghormati dan menghargai,” ujarnya. (mtd/min)

============

Komentar Anda