medanToday.com,MEDAN – PT KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) saat ini tengah melakukan pegembangan pengangkutan barang dengan menggunakan kereta barang yang saat ini menjadi program nasional.

Pengembangan pengangkutan barang ini, menurut Vice Presiden PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi beban jalan dimana selama ini pengangkutan barang dibawa menggunakan truk.

“Untuk pengangkutan peti kemas dan angkutan barang menjadi programnya PT KAI Divre I Sumut. Sudah di programkan dan akan ada lokomotif yang dikirim,” ujar Mateta Rijalulhaq di kantornya Jalan HM Yamin, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (16/1/2017).

Diungkapkannya, PT KAI Divre I Sumut akan mendapatkan pergeseran sebanyak tujuh lokomotif untuk kereta barang. Lokomotif tersebut akan digunakan untuk pengangkutan barang dari Sei Mangke, pelabuhan baru Kuala Tanjung, dan trip lainnya ke Medan.

“Dengan penambahan tujuh lokomotif itu, saat ini kita memiliki 35 lokomotif serta delapan gerbong datar yang siap untuk dioperasikan,” ungkapnya.

“Untuk Sei Mangke Selasa mulai beroperasi, seminggu dua kali yakni Selasa dan Jumat,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, untuk kereta angkutan barang Kuala Tanjung ke Medan menjadi target utama PT KAI Divre I Sumut. Ia pun berharap pengerjaan infrastrukturnya akan cepat rampung.

“Dengan Kereta Api (pengangkutan) tingkat keamanannya lebih tinggi. Kita sudah siap untuk untuk itu. bisa dilihat pengengkutan CPO, dan BBM yang sedang dilayani,” pungkasnya. (mtd/bwo)

===========

Komentar Anda