Rapat Paripurna DPR, Kamis (18/5/2017)(Rakhmat Nur Hakim/Kompas.com)
Rapat Paripurna DPR, Kamis (18/5/2017)(Rakhmat Nur Hakim/Kompas.com)

medanToday.com, JAKARTA – Fraksi Nasdem di DPR mengusulkan agar gedung dewan baru yang akan dibangun, lebih modern. Tak hanya dari sisi desain, tetapi juga fungsinya.

Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G Plate mengatakan, gedung baru yang akan dirancang diharapkan mampu mengakomodasi seluruh keperluan kerja anggota dewan, mulai dari pengaturan kelompok fraksi, hingga ruang kerja anggota.

Selain itu, gedung tersebut juga perlu mengedepankan kaidah efisien dari sisi penggunaan energi. Misalnya, dengan mengatur tata letak cahaya untuk menghemat penggunaan lampu atau ventilasi udara untuk mengurangi penggunaan pendingin udara.

“Desain gedung diharapkan efisien, memenuhi kebutuhan standar kerja, dan ergonomisnya,” kata Johnny kepada KompasProperti, Senin (23/10/2017).

Hal lain yang tak kalah penting, kata anggota Badan Anggaran DPR itu, gedung baru DPR diharapkan dapat mengadopsi sistem teknologi informasi mutakhir.

“Nah teknologinya, misalnya, sekarang kan kita selalu pakai kertas kalau tiap rapat. Berapa banyak kertas digunakan tiap tahunnya. Nah teknologinya jangan sampai kita gunakan kertas lagi,” kata Johnny.

Untuk diketahui, dalam pagu anggaran 2018, DPR mendapatkan alokasi Rp 5,7 triliun atau naik dari sebelumnya Rp 4,3 triliun.

Dari pagu tersebut, Rp 601 miliar diantaranya akan digunakan untuk pembangunan tahap awal gedung baru.

Nantinya anggaran itu akan disahkan dalam rapat paripurna pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 pada 26 Oktober mendatang.

(mtd/min)

Komentar Anda