pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Rico Waas-H. Zakiyuddin Harahap sowan atau mengunjungi Kantor Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Medan, di Jalan Palang Merah, Kecamatan Medan Barat, Kamis (4/7/2024).Ist

medanToday.com,MEDAN – Pasca mendeklarasikan diri, pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Rico Waas-H. Zakiyuddin Harahap sowan atau mengunjungi Kantor Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Medan, di Jalan Palang Merah, Kecamatan Medan Barat, Kamis (4/7/2024).

Kedatangan Paslon dari Partai NasDem dan Gerindra ini untuk mendengar masukan-masukan dan menyerap aspirasi dari para pengurus NU.

Ketua PC NU Kota Medan, KH. Sutan Sahrir Dalimunthe, S. Ag., MA menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi kehadiran Paslon Rico Waas-H. Zakiyuddin Harahap di kantor PC NU Kota Medan.

“Tentu kita sangat apresiasi kehadiran kedua tokoh muda ini. Secara pribadi-pribadi kita tentu sangat mendukung dan perjuangkan kedua tokoh muda ini. Namun tidak secara keorganisasian, karena kita punya aturan-aturan tersendiri,” ucap Sutan Sahrir ketika diwawancarai wartawan usai pertemuan berlangsung.

Selain itu, Sutan Sahrir juga berharap agar Paslon ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat sehingga bisa menangkan pertarungan di Pilkada Kota Medan mendatang.

“Harapan pertama kita menang. Kedua, tentunya apa yang disampaikan Pak Rico dan Pak Zaki menjadi kenyataan. Terutama yang berkaitan dengan pembinaan keumatan atau kerakyatan dan keagamaan,” katanya.

“Sebab, sebagai bangsa yang beragama tentunya kita tidak bisa melepaskan kebangsaan dengan keagamaan,” tambahnya.

Ketika ditanya bagaimana pendapatnya terhadap sosok Paslon, Sutan Sahrir menyebutkan bahwa keduanya adalah pasangan yang ideal. Sebab, mereka memiliki sisi intelektual dan keagamaan.

“Kalau kita rasa pasangan ini sudah sangat ideal. Pertama dari sisi keintelektualan dan kedua dari sisi keagamaan. Kalau sudah ada keduanya, tentu sudah merangkap lah itu. Dan saya rasa ini sudah sangat baik. Kalau sudah begitu, ya lebih cepat lebih bagus,” ucapnya sembari melempar senyum.

Di kesempatan yang sama, Rico mengatakan bahwa kegiatan ini masih dalam rangkaian silaturahmi ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan ormas yang ada di Kota Medan.

“Kita masih mendengar masukkan-masukan dari PC NU Kota Medan, yang nantinya dimasukkan dalam program-program kita ke depan,” ujarnya.

Menurut Rico, pertemuan kali ini lebih banyak membahas tentang pembinaan keagamaan agar masuk secara menyeluruh ke setiap lingkungan masyarakat. Sehingga program-program yang nantinya disusun akan melibatkan atau bekerja sama dengan NU Kota Medan.

“Kita juga menerima aspirasi tentang keamanan dan pemberantasan narkoba yang nantinya bisa bekerja sama dengan organisasi keagamaan. Langkahnya dengan merangkul masyarakat dan memberikan arahan-arahan keagamaan supaya terciptanya lingkungan yang aman dan bebas dari narkoba,” ucap Rico.

Sementara, Zaki menyampaikan rasa syukur karena bisa langsung bersilaturahmi dengan PC NU Kota Medan, pasca pendeklarasian dirinya yang berpasangan dengan Rico Waas di Pilkada Medan 2024.

“Kita berharap mendapat dukungan dari NU demi kemajuan di bidang agama. Insyaallah, kita akan bergandengan tangan dengan seluruh ormas keagamaan. Dan kita akan terus bersilaturahmi ke ormas dan organisasi kepemudaan lainnya,” katanya.

==================