medanToday.com, MEDAN – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) 1 terus memantau pergerakan distribusi serta stok BBM dan LPG untuk menjamin keamanan pasokan di area Sumatera Bagian Utara menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Pantauan yang dilakukan Pertamina, kenaikan yang siginfikan terlihat pada penggunaan Pertamina Dex. Di mana peningkatan pasokan yang terjadi mencapai 230 persen menjadi 66 KL.

Untuk pasokan Premium naik 36 persen di atas rata-rata penyaluran normal harian, atau menjadi 5.620 KL per hari. Begitu juga dengan pasokan Solar yang naik sekitar 17 persen menjadi 8.266 KL.

Selain itu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR 1 Rudi Ariffianto mengatakan, Pertamax Series juga mengalami peningkatkan pasokan khususnya untuk Pertamax dan Pertamax Turbo yang meningkat 20% dari rata-rata pasokan harian normal, masing-masing menjadi 1.075 KL dan 304 KL per hari.

Hal serupa juga terjadi pada pasokan Avtur yang mengalami peningkatan sebesar 33 persen dari rata-rata penyaluran harian normal menjadi 1.665 KL.

Namun, Rudi menegaskan bahwa stok rata-rata BBM untuk area Sumbagut saat ini berada pada level batas aman dan Pertamina senantiasa menjamin stok selalu dipertahankan pada level tersebut.

“Menghadapi masa Hari Raya Natal dan Tahun Baru, kami telah mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dan LPG untuk menjaga keamanan pasokan agar masyarakat dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih tenang dan aman” ujar Rudi Ariffianto, Sabtu (23/12/2017).

Pertamina MOR I telah mempersiapkan SPBU Kantong di 7 lokasi yang menjadi pusat konsumsi BBM tertinggi di wilayah MOR I.

Hal itu dikakukan guna menjaga pasokan bahan bakar. SPBU kantong tersebut berada di Kota Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Humbang Hasudutan dan 2 SPBU Kantong Kabupaten Karo.

Penyediaan kantong SPBU berupa mobil tangki dengan muatan BBM dilakukan agar pelayanan dan distribusi dapat lebih cepat mengantisipasi jalur yang padat di jalan.

“Pertamina juga menyiagakan satu Kiosk Pertamax di Jalan Tol Kualanamu – Tebing Tinggi, di mana Kios Pertamax akan menyediakan bahan bakar dalam kemasan yang aman, sehingga praktis untuk dibawa,”ucap Rudi.

Rudi menyampaikan bahwa, Pertamina MOR I juga membentuk tim satgas Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (NARU) guna menjaga keamanan saluran distribusi produk. Tim satgas akan bersiaga di kantor region Pertamina MOR I, kantor cabang, TBBM hingga Depot LPG di seluruh wilayah MOR I. Periode satgas dimulai pada tangal 18 Desember 2017 dan berakhir pada tanggal 7 Januari 2017.

“Apabila terdapat keluhan dan informasi terhadap layanan dan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Contact Center Pertamina 1-500-000,” pungkas Rudi.

(bwo/mtd)

Komentar Anda