medanToday.com, MEDAN – Jumlah kasus Covid-19 di Kota Medan per 2 Oktober 2020 masih mengalami peningkatan. Total kasus mencapai 5.561 dengan angka kematian sebanyak 242, suspek 400 dan angka kesembuhan mencapai 3.465.

Menurut juru bicara Satgasus Covid-19 Kota Medan Mardohar Tambunan, keadaan itu terjadi dengan bertambahnya klaster-klaster baru dalam perkembangan kasus penyebaran virus Corona. “Permasalahannya sekarang banyak muncul klaster baru, termasuk klaster keluarga”, katanya pada Jumat (2/10).

Mardohar menyebut, hadirnya klaster baru dapat menambah jangkauan penularan virus sehingga dalam keluarga juga diperlukan penanaman protokol kesehatan.

“Imbauan saya ke depan, paling tidak di klaster keluarga terus ditanamkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Mardohar menambakan, penambahan kasus dikarenakan kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia juga menyatakan bahwa isolasi mandiri tidak akan efektif ketika masyarakat tidak menerapkan dengan sebenar-benarnya.

“Dalam penanganannya, kita kan ada isolasi mandiri. Saya melihat itu juga tidak efektif. Mereka bisa saja tetap bepergian dan bersosialisasi hingga tanpa sadar melakukan penyebaran virus,” pungkasnya.(mtd/min)

Komentar Anda