Pengungsi Myanmar saat mengisi waktu sore hari di camp pengungsian Hotel Pelangi Medan. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Kebakaran terjadi di Hotel Pelangi yang terletak di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Selayang, Minggu (3/1). Hotel ini kini menjadi tempat penampungan pengungsi yang sedang mencari suaka. Yakni pengungsi Rohingya asal Myanmar dan pengungsi dari Afganistan sejak tahun 2012 lalu.

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.20 WIB. Objek yang terbakar yakni bagian dapur hotel dengan persentase kerusakan mencapai 10 persen.

“Api dapat dipadamkan sekitar pukul 15.10 WIB,” kata Nurly, Manager Pusdalops BPBD Medan.

Meski bangunan mengalami kerusakan, akan tetapi dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Pihak berwajib menurut Nurly masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

“Korban jiwa nihil. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan,” pungkasnya.

Hotel Pelangi kini menjadi tempat penampungan pengungsi Rohingya asal Myanmar dan pengungsi asal Afganistan yang melarikan diri akibat konflik di negaranya masing-masing.

Mereka ditempatkan di lokasi tersebut oleh badan PBB yang mengurusi migrasi yakni International Organization for Migration (IOM) sembari mempersiapkan mereka untuk diberangkatkan ke negara tujuan mereka. Salah satu negara yang kerap menjadi tujuan para pengungsi internasional ini adalah Amerika,Kanada dan Chrismas Island di Australia.

=========================

Komentar Anda