Warga Kecamatan Medan Area saat menjalani tes Swab. (dok: medanToday.com)

medanToday.com, MEDAN – Fakultas Kedokteran USU kembali menggelar tes Swab gratis di Kecamatan Medan Area. Kegiatan ini merespon permintaan warga yang tinggi saat kegiatan perdana dilakukan di tempat praktek, dr Ichwan Jalan Ismailiyah Medan, Kamis (17/12) kemarin.

“Awalnya kita tak yakin warga mau di Swab. Rupanya permintaan tinggi sehingga ada yang ditolak karena takut menimbulkan kerumunan. Hari inilah kita akomodir permintaan tersebut,” jelas dr Ichwan saat diwawancarai di Kantor Camat Medan Area, Sabtu (19/12).

“Target hari ini 100 orang. Oleh karena itu kita gelar di kantor camat biar lokasinya lebih luas,” lanjutnya.

Penyelenggara kegiatan ini menjelaskan, tes Swab dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Sudah 70 warga yang menjalani tes, dan hasilnya akan diberitahu dua minggu ke depan.

“Selasa depan targetnya para guru sekolah di kecamatan ini. Selain tes, kita akan mensosialisasikan peran guru agar mengedukasi murid serta orang tua soal pendisiplinan protokol kesehatan. Sebab, 4 Januari mendatang belajar tatap muka akan diberlakukan,” ungkapnya.

Ichwan menambahkan, proses pendaftaran tes Swab cukup mudah. Langkah pertama masyarakat mengunjungi dan mengisi formulir di situs http://bit.ly/PendaftaranSWAB-FKUSU. Berikutnya datang ke lokasi dengan tetap membawa KTP dan fotocopy KK.

“KK gunanya buat yang belum punya KTP, supaya tetap bisa mengikuti tes. Usai mendaftar akan diinformasikan jadwal tesnya,” jelasnya.

Sementara, Camat Medan Area Hendra Asmilan mengatakan, dengan adanya tes Swab ini dapat mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di wilayahnya. Kemudian dia melihat tingkat ketakutan masyarakat untuk menjalani Swab sudah mulai berkurang.

“Harapannya proses 3T (tracing, testing, dan treatment) ini dapat mengantisipasi penularan virus Corona secara maksimal. Tentunya dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan 3M yakni memakai, menjaga jarak dan mencuci tangan,” katanya. (mtd/min)

=======================

Komentar Anda